“Selfie”, Disuka atau Dibenci ?

| Posted : 10 Mar 2014 | Berita Sehat, Headline No comments

Selfie_2633227b

Beberapa hari lalu jagat maya dibanjiri berita tentang selfie Ellen DeGeneres bersama beberapa selebritas Hollywood seperti Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Channing Tatum, Meryl Streep, Julia Roberts, Brad Pitt, Angelina Jolie, Kevin Spacey, Lupita Nyong’o beserta kakaknya, Peter.

Beberapa hari kemudian muncul pula selfie tandingan dari Gerard Buttler. Aktor yang dikenal dengan taglineThis is Sparta !” dalam film “300” ini mengambil foto diri bersama anak – anak di Liberia.

Jauh hari sebelumnya Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga melakukan hal yang sama bersama Perdana Menteri Inggris, David Cameron dan Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Schmid. Yang lebih membuat banyak orang geleng kepala adalah selfie tersebut dilakukan saat prosesi pemakaman Nelson Mandela.

Meski mengasyikkan dan terkesan tak berbahaya, selfie juga bisa memberikan efek buruk. Peggy Drexler Ph.D yang merupakan Asisten Professor Psikologi di Weill Medical College mengatakan selfie dalam kapasitas tertentu bisa memberikan citra buruk ke seseorang.

Seperti dilansir dari situs Psychology Today, Peggy mengungkapkan, studi terbaru di Inggris menunjukkan bahwa mereka yang terlalu sering melakukan selfie kurang begitu disukai.

selfie, disuka atau dibenci3Peggy menjelaskan, mereka yang terlalu sering melakukan selfie bisa dibenci karena membuat orang lain merasa tak nyaman dan tak diperhatikan. Selain itu, juga mengganggu rasa percaya diri orang lain hingga mereka mempertanyakan penampilan mereka sendiri.

Peggy menambahkan bahwa selfie juga bisa menimbulkan persaingan yang tak sehat. Sebagai contoh, kata Peggy, selfie dengan idola bisa menimbulkan keirian dan keinginan untuk mengalahkan penggemar yang lain.

Perlu diakui bahwa selfie di satu sisi bisa membantu membentuk citra kecantikan ideal yang baru di mata industri. Tapi, di sisi lain, selfie juga memberi kesan bahwa penampilan itu segala-galanya.

Sah – sah saja bila ingin memotret diri sendiri, asal tetap selektif agar tidak memberi kesan negatif.

Artikel lainnya :

Rahasia Keindahan Kulit Selebritis Hollywood

Diet – Diet Ekstrim Selebriti Dunia

Duduk Terlalu Lama Menyebabkan Kegemukan

Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : daily mail, tempo

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment