Self-Test untuk Mengetahui Depresi

| Posted : 18 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

34 depresiDepression, sadness and pain related crosswordDepresi dapat dialami oleh siapa saja. Dalam KBBI dijelaskan bahwa depresi adalah gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan merosot seperti muram, sedih atau merasa tertekan. Sedangkan menurut kamus kesehatan, depresi didefinisikan sebagai gangguan mental umum yang ditandai dengan kesedihan, kehilangan minat atau kesenangan, perasaan bersalah, kesulitan berkonsesntrasi, nafsu makan berubah, serta energi rendah. Gangguan tersebut dapat terjadi karena berbagai hal termasuk akibat kesibukan sehari-hari maupun kekurangan mineral tertentu. Depresi dapat menjadi kronis dan terjadi berulang sehingga menimbulkan gangguan besar dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Pada kasus yang parah, depresi dapat menyebabkan bunuh diri.

Self-assessement berikut dapat dijadikan salah satu media awal untuk mengetahui apakah Anda menderita depresi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai dengan apa yang Anda rasakan belakangan ini, dalam dua atau tiga hari terakhir dan dibandingkan dengan konsisi biasa yang Anda rasakan.

Pertanyaan

Tidak Benar

Sedikit Benar

Cukup Benar

Sangat Benar

Apakah Anda merasa kesal atas hal tertentu?

Apakah Anda merasa lebih rentan dibanding biasanya?

Apakah Anda menjadi kritis dan keras terhadap diri sendiri?

Apakah Anda merasa bersalah terhadap sesuatu dalam hidup Anda?

Apakah Anda merasa tidak ada yang dapat menghibur Anda?

Apakah Anda merasa seolah-olah kehilangan inti dan esensi hidup Anda?

Apakah Anda merasa terktekan?

Apakah Anda merasa kurang berharga?

Apakah Anda merasa tidak berharga atau tidak berdaya?

Apakah Anda merasa lebih jauh dari orang lain?

Keterangan :

Berikan nilai (0) untuk jawaban Tidak Benar, (1) untuk jawaban Sedikit Benar, (2) untuk jawaban Cukup Benar, dan (3) untuk jawaban Bangat Benar.

34 depression-teenageSetelah mengetahui jumlah skor keseluruhan, cocokkan hasil yang Anda miliki dengan ketentuan berikut.

–          Jika skor yang Anda peroleh berjumlah kurang dari sembilan, maka dapat disimpulkan Anda tidak menderita depresi klinis. Bila merasa tidak yakin, Anda dapat menemui dokter untuk mengetahui secara pasti tentang keadaan Anda karena bisa saja depresi disebabkan oleh gangguan fisik.

–          Jika hasil yang Anda peroleh berjumlah sembilan atau lebih dan perasaan-perasaan tersebut bertahan hingga dua pekan lebih, ada kemungkinan Anda menderita depresi klinis. Anda perlu menghubungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang tengah dialami.

Perlu dicatat, self-test di atas tidak dimaksudkan sebagai tenaga ahli untuk mendeteksi depresi. Self-assesssement tersebut hanya digunakan untuk mengetahui kondisi yang Anda alami selama beberapa hari terakhir. Untuk mengetahui secara lebih detail tentang depresi, tentu saja Anda harus menghubungi orang yang ahli dalam bidang kesehatan jiwa.

Baca juga :

Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium

10 Makanan yang Kaya Magnesium

Weightless, Lagu Terbaik untuk Menimbulkan Rasa Rileks

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.blackdoginstitute.org.au

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment