Posisi Tidur dan Efeknya bagi Kesehatan

| Posted : 11 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

19 bantal tidurTidur dengan waktu yang cukup merupakan hal penting. Tetapi tahukah Anda bahwa posisi tidur yang tidak tepat juga berpengaruh pada kesehatan? Dikutip dari dailyhealthpost.com, berikut delapan posisi tidur serta pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh.

Yang pertama adalah tidur terlentang dengan kedua tangan di sisi tubuh. Tidur yang seperti ini dianggap sebagai posisi istirahat terbaik. Tidur terlentang baik untuk kesehatan tulang belakang dan leher, dengan catatan Anda tidak menggunakan bantal terlalu banyak. Beberapa penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa kelainan seperti mendengkur atau sleep apnea (gangguan tidur dengan kesulitan bernafas) dapat diatasi dengan tidur terlantang.

19 tidur terlentang tangan di samping kepalaKedua, tidur terlentang dengan tangan terangkat di samping kepala. Posisi yang juga dikenal dengan istilah ‘bintang laut’ ini juga baik untuk tulang belakang. Tidur terlentang juga dapat mencegah kerutan dan jerawat di wajah. Tetapi perlu diperhatikan bahwa posisi lengan dalam tidur tipe ini dapat memberikan tekanan pada syaraf bahu sehingga menyebabkan sakit.

Ketiga, tidur bertelungkup. Posisi tidur seperti demikian memilki pengaruh positif sekaligus negatif. Tidur dengan posisi perut di bawah dapat mendukung pencernaan sekaligus mengganggu pernafasan. Jika ingin tidur dengan posisi ini, beri bantal sebagai sandaran kepala serta miringkan kepala Anda ke salah satu sisi. Tidur bertelungkup dapat menyebabkan leher tegang serta nyeri punggung karena tulang belakang tidak tertopang dengan baik.

19 tidur posisi janinKeempat, tidur seperti janin. Istirahat dengan posisi meringkuk dengan lutut ditarik mungkin menjadi pilihan karena nyaman. Tetapi posisi tidur demikian justru tidak baik untuk punggung dan leher. Tidur dengan posisi layaknya janin juga dapat mengganggu pernafasan serta menyebabkan mendengkur.

Posisi tidur kelima adalah miring dengan tangan lurus. Tidur miring membuat tulang belakang berada dalam posisi alaminya sehingga baik untuk mengurangi sakit punggung dan leher serta sleep apnea.  Tetapi posisi tidur seperti ini juga memiliki pengaruh negatif terutama dalam bidang kecantikan. Istirahat dengan posisi miring menyebabkan penuaan serta kulit keriput karena tertarik gaya gravitasi.

19 tidur miringSelanjutnya adalah tidur miring tetapi dengan posisi tangan tidak lurus. Tipe tidur keenam ini memiliki kelebihan seperti halnya tidur miring pada umumnya. Tetapi posisi tangan yang terangkat atau membentuk siku dapat menyebabkan nyeri di lengan dan bahu. Hal tersebut terjai karena aliran darah yang tidak lancar serta adanya tekanan pada syaraf lengan akibat posisi lengan yang tidak sempurna.

Ketujuh, tidur miring ke kanan. Posisi tidur miring ke kanan atau kiri juga berpegaruh pada kesehatan. Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat membuat perut terasa panas. Sedangkan tidur miring ke kiri akan memberikan tekanan pada organ penting seperti hati, paru-paru dan perut. Tetapi tidur miring ke salah satu sisi juga terkadang disarankan pada kondisi dan tujuan tertentu. Biasanya dokter menyarankan ibu hamil untuk tidur miring ke sebelah kiri untuk meningkatkan sirkulasi ke janin.

19 posisi tidurTerakhir, tidur yang dilengkapi bantal. Terlepas sepertia apapun posisi tidur Anda, menggunakan bantal dapat mengurangi sakit yang biasanya diderita pada saat bangun pagi, misalnya pegal atau nyeri. Anda dapat menempatkan sebuah bantal kecil di bawah lengkungan tulang belakang dan di bawah lutut. Jika tidur terlelungkup, tempatkan bantal di bawah perut untuk mendukung sendi. Hal tersebut juga bermanfaat sebagai relaksaki sakit punggung.

Baca juga :

Tips Mengkonsumsi Nutrisi Tambahan

Fakta tentang Aspirin

10 Keuntungan Minum Air Mineral

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment