Pilihan Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tulang dan gigi. Sayangnya bangan pangan tinggi kalsium sangat identik dengan susu. Padahal tidak semua orang suka dengan minuman ataupun makanan yang terbuat dari susu. Belum lagi jika memilih untuk menjalani gaya hidup sebagai vegan. Karena itulah penting untuk mengetahui beragam jenis makanan yang tinggi kalsium selain susu sapi. Berikut beberapa diantaranya!

Susu Kedelai

Susu Kedelai

Susu Kedelai www.fitnea.com

Produk makanan yang terbuat dari kedelai seperti susu kedelai. Kini susu kedelai UHT ataupun susu bubuk kedelai banyak tersedia di berbagai superparket. Dalam satu cangkir susu kedelai menawarkan sekitar 175 gram kalsium. Selain susu kedelai, kedelai juga dapat diolah menjadi tempe dan tahu. Dua jenis makanan yang sangat populer di Indonesia.

Jeruk

Jeruk

Jeruk pixabay

Selain kaya akan vitamin C, setengah buah jeruk ternyata menyediakan kandungan kalsium sebesar 50 gram. Karena itulah jeruk dapat menjadi alternatif pilihan bagi para vegan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Jika kurang menyukai buah ini, masih ada bayam. Satu ikat bayam menawarkan kandungan kalsium sebesar 250 mg.

Kacang Almond

Almond

Almond fitnesskites

Jenis kacang yang satu ini ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram almond menyediakan 264 miligram kalsium. Karena itulah kacang almond dapat menjadi alternatif snack sehat yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi Anda.

Makanan Bertulang

Ikan Teri

Ikan Teri hesti-myworkofart.blogspot.com

Ternyata makanan bertulang juga dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Beberapa contoh makanan bertulang yang populer di Indonesia diantaranya adalah bandeng presto, ayam tulang lunak atau teri. Jenis makanan ini dapat memperkuat tulang karena mengandung kalsium dan juga fosfor. Jadi jangan sampai beralasan kekurangan kalsium karena tidak suka susu ya!

Baca juga:

Cemal-Cemil Makanan yang Baik Untuk Kulit

Aneka Makanan Penghilang Stres

Sehat dengan Makanan Tinggi Serat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment