Permen Karet Bisa Mengakibatkan Sakit Kepala, Benarkah ?

| Posted : 30 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

0284ca0f41d6b9072bc13559cdbf-400x349

Jika sebelumnya terdapat penelitian yang mengungkap bahwa mengunyah permen karet bisa membantu seseorang berpikir fokus dan dapat memperkuat rahang. Namun sebuah penelitian di Tel AvivUniversity justru melaporkan hal sebaliknya.

Dilansir dari The Atlantic, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatric Neurology tersebut mengungkapkan kalau terlalu banyak mengunyah permen karet bisa menyebabkan sakit kepala pada orang dewasa.

Hasil tersebut ditemukan peneliti setelah mengamati 30 orang dewasa yang memiliki sakit kepala kronis. Mereka pun mengaku sering mengunyah permen karet setiap hari. Kemudian partisipan di bagi menjadi beberapa kategori tergantung berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk mengunyah permen karet.

Mereka kemudian diminta untuk menghentikan kebiasaan mereka mengunyah permen karet. Sekitar 87 persen pasien menjelaskan kalau mereka tak lagi mengalami sakit kepala setelah menghentikan kebiasaan mengunyah permen karet.

chewing_gum_image_title_sx5luSedangkan 20 persen partisipan yang kembali melakukan kebiasaan mengunyah permen karet mengaku kembali merasakan sakit kepala. Lantas, apa yang menyebabkan sakit kepala saat mengunyah permen karet?

Peneliti pun berpendapat hal tersebut disebabkan kadar aspartame pada permen karet yang bisa menyebabkan sakit kepala. Sedangkan pendapat lain bahwa terlalu banyak mengunyah permen karet bisa memperberat kinerja persendian pada rahang sehingga memicu sakit kepala.

Penelitian ini masih tergolong kecil dan peneliti akan melakukan penelitian ulang dalam skala yang lebih besar untuk menunjukkan efek mengunyah permen karet secara jelas. Mengunyah permen karet aman-aman saja selama tidak berlebihan.

Artikel lainnya :

Menjaga Metabolisme Tubuh Sepanjang Hari, Mengapa Tidak ?

Sex Setiap Hari Dalam Sebulan ? Siapa Takut !

Cara Sederhana Menjadi Seorang Gentleman

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : dreamersradio

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment