Penyebab Terjadinya Air Kencing Berbusa

Toilet

Toilet askdoctork

Meski terlihat sepele, namun air kencing dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan seseorang. Salah satu yang bisa diperhatikan adalah ada tidaknya busa dalam air kencing Anda. Perlu diketahui bahwasanya air kencing atau yang disebut juga dengan air seni merupakan sisa cairan tubuh yang dikeluarkan oleh ginjal melalui saluran kencing.

Jika Anda tidak melihat busa dalam air kencing berarti kondisi kesehatan Anda dalam keadaan yang baik. Sebaliknya, jika Anda sering melihat busa pada air kencing, bisa jadi hal ini menjadi pertanda terjadinya ketidaknormalan pada tubuh. Namun demikian, jika sesekali saja melihatnya, ada kemungkinan hal ini terjadi akibat adanya penundaan waktu kencing.

Karena ditahan, otomatis air kencing akan tertahan di kandung kemih. Akibatnya, saat sedang dikeluarkan, aliran kencing menjadi lebih kuat dari biasanya sehingga menimbulkan busa ketika menyentuh toilet. Selain itu busa pada air kencing dapat terjadi akibat dehidrasi. Asupan cairan yang minim akan membuat ginjal bekerja lebih keras daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan produksi urin menjadi berbusa.

Namun demikian, ada satu alasan lain berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya busa pada air seni. Apalagi jika fenomena busa pada air kencing ini kerap terlihat. Bisa jadi hal ini merupakan pertanda kelainan yang tidak bisa diabaikan. Terkait hal ini, ada beberapa gangguan medis yang dapat menyebabkan urin menjadi berbusa.

Pertama adalah terjadinya penyakit ginjal, penyakit yang dapat terjdi akibat komplikasi diabetes ataupun batu ginjal. Kinerja ginjal yang tidak maksimal dapat membuat air kencing tampak lebih berbusa. Selain itu, busa pada air seni dapat diakibatkan karena infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri ataupun jamur. Selain berbusa, infeksi saluran kemih biasanya disertai dengan rasa nyeri dan panas saat buang air kecil.

Toilet

Toilet 1000awesomethings

Selain itu sering munculnya busa pada air kencing dapat disebabkan karena kondisi protein berlebih pada tubuh atau yang dikenal dengan nama proteinuria. Jika mengalami sering melihat busa pada air kencing, sebaiknya segera menghubungi dokter yang dipercaya. Bagaimana dengan air kencing Anda? Adakah busa yang terlihat? Oiya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan toilet dan handuk ya!

Baca juga:

Cara Mengurangi Resiko Accidentally Peed

Cara Mengajarkan Anak untuk Menggunakan Toilet dengan Benar

Tips Mengajarkan Aktivitas di Toilet pada Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment