Pentingnya Merendam Kacang Sebelum Dikonsumsi

20 merendam kacangMungkin Anda sering merendam kacang tanah semalaman sebelum memasaknya dan kemudian disajikan. Tindakan tersebut tidak hanya berguna untuk merontokkan tanah atau kotoran yang menempel pada kulit kacang. Merendam kacang sebelum dikonsumsi juga dapat menghindarkan Anda dari kandungan alami kacang yang berefek negatif untuk tubuh.

Seperti halnya binatang yang memiliki kemampuan pertahanan diri saat diserang, kacang juga memiliki mekanisme serupa agar terhindar dari pemangsa dan dapat tumbuh dengan sempurna. Kacang mengandung phytic acid atau asam fitat. Asam fitat yang masuk ke tubuh akan mengikat mineral seperti zinc, besi, magnesium, kalsium, kromium, serta mangan yang ada dalam saluran pencernaan. Hal tersebut tentu mengganggu pencernaan menyerap berbagai nutrisi penting untuk tubuh.

20 tips merendam kacangCara untuk menghilangkan kandungan asam fitat pada kacang adalah dengan merendamnya selama beberapa saat dalam air garam. Pertama, larutkan garam dalam air dan selanjutnya gunakan untuk merendam kacang selama beberapa waktu. Setelah itu tirisakan kacang dan siap diolah. Pada saat memasak kacang sebaiknya gunakan suhu yang tidak melebihi 150 derajat karena dapat menghancurkan beberapa kandungan nutrisi baiknya.

Pada dasarnya proses perendaman kacang atau biji-bijian lain hampir sama. Tetapi ada beberapa jenis kacang atau biji-bijian yang memerlukan cara khusus.  Bila ingin mengolah biji labu, perbandingan garam yang digunakan adalah satu sendok makan untuk dua cangkir pumpkin seeds tanpa kulit. Untuk menambah rasa, Anda juga dapat menambahkan bubuk cabai merah atau lada dengan takaran setengah dari jumlah garam. Waktu perendaman yang diperlukan minimal 7 jam atau semalaman. Metode yang sama dapat diterapkan untuk kacang kenari. Yang perlu diperhatikan saat mengolah kacang kenari adalah untuk menempatkannya pada wadah kedap udara atau kulkas karena kenari rentan menjadi tengik.

20 merendam kacang menteUntuk kacang tanah, kacang mete, pine nut, hazelnut, kacang almond, serta kacang macedonia, perbandingan larutan garam adalah satu sendok makan untuk empat cangkir kacang. Waktu perendaman yang diperlukan adalah tujuh jam hingga semalaman. Khusus kacang mete, cukup rendam selama 6 jam saja. Sedangkan dalam proses memasak, panaskan kacang mete dalam suhu 93 derajat Celcius. Pemanasan kacang mete dengan suhu mencapai 121 derasat Celcius akan merusak kandungan alaminya.

Aneka kacang dan biji-bijian merupakan makanan yang kaya nutrisi seperti mineral dan vitamin. Jadi, pastikan Anda mengolahnya dengan benar untuk mendapatkan manfaat yang optimal serta terhindar dari kandungan zat yang justru berdampak negatif untuk tubuh.

Baca juga :

10 Makanan yang Kaya Magnesium

Nasi Putih, Nilai Gizi serta Manfaatnya

Tempe, Sumber Protein Asli dari Negeri Sendiri

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment