Pengaruh Tayangan 3D terhadap Kesehatan Mata

| Posted : 20 Oct 2014 | Berita Sehat, Headline No comments
photo from boingboing.net

photo from boingboing.net

Sejak beberapa tahun ke belakang, wajah perfilman Hollywood semakin bervariasi. Mulai dari genre film, munculnya bintang – bintang baru, hingga penerapan teknologi yang semakin berkembang. Salah satu teknologi tinggi yang dipakai sineas – sineas film yaitu tiga dimensi atau film 3D. Film tiga dimensi yang sukses menghibur penonton diantaranya adalah Piranha, Saw, Teenage Mutant Ninja Turtles, Silent Hill, Dracula, Step Up, Jackass, The Avengers, Avatar, dan masih banyak lagi.

Tapi seperti penggunaan 3D dalam film mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Efek positifnya adalah para penikmat film mendapat pengalaman seru saat menyaksikan film tiga dimensi. Sedangkan dampak buruknya adalah ternyata teknologi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mata.

photo from www.myfoxla.com

photo from www.myfoxla.com

American Association of Optometrists atau Asosiasi Dokter Mata Amerika  melakukan survei online kepada para penonton tayangan 3D. Hasilnya seperempat dari mereka mengatakan bahwa matanya berkunang-kunang dan pusing, sakit kepala, sakit mata, serta mual.

Bahkan, dari dampak ini mereka merasa kapok menonton tayangan 3D lagi. Menurut pakar mata dari University of California Los Angeles (UCLA), Martin Banks, dampak tayangan 3D ke mata karena obyek tayangan yang “mengelabui” mata manusia.

Mata manusia biasanya terpaku dan memfokuskan diri pada suatu obyek saat obyek tersebut mendekat, tapi dalam tayangan 3D tidak membuat objek menjadi dekat tapi memperlihatkan sederetan objek lain membuat saraf mata bekerja lebih keras untuk fokus.

Banks mengungkapkan bahwa hal tersebutlah yang membuat mata merasa tidak nyaman dan lelah ketika menonton 3D.

Padahal perlu diketahui bahwa mata adalah kunci sukses dalam kehidupan sosial. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Selain untuk melihat, mata memiliki banyak fungsi yang bahkan mungkin tidak Anda sadari, terutama dalam bersosialisi sehari-hari. Saat berbicara dengan seseorang, kontak mata bisa menjadi kunci sukses dalam kehidupan bermasyarakat.

photo from www.telegraph.co.uk

photo from www.telegraph.co.uk

Tidak salah jika mata disebut sebagai jendela untuk memasuki jiwa seseorang. Banyak ekspresi yang bisa diungkapkan hanya dengan memperhatikan mata. Untuk menggambarkan keramahan, terkadang seseorang dideskripsikan memiliki mata yang teduh. Membaca kebohongan juga bisa dilakukan dengan kontak mata. See, mata memiliki banyak fungsi kompleks yang jarang Anda perhatikan !

Menonton film 3D sah – sah saja, asal jangan terlalu sering, agar tidak menyebabkan kerusakan mata yang parah.

Artikel lainnya :

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Menjadi Seorang Pria yang Menarik di Mata Wanita

Yang Jangan dan yang Harus Dilakukan Saat Stres

Benda – benda kotor di sekitar Anda !

 

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : Dreamersradio

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment