Pasir Pantai Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya! Ini Buktinya!

Sepulang dari pantai, Anda merasa tubuh menjadi kurang sehat? Mungkin Anda akan berpikir bahwa Anda hanya terlalu lelah, kebanyakan terpapar sinar matahari, dan kebanyakan minum es. Hati-hati, ada baiknya Anda periksakan kondisi tubuh Anda yang tidak normal sepulang dari pantai karena ternyata pasir dan ombak pantai mengandung bakteri jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

pasir pantai

pasir pantai winawimala.wordpress

Hal itu diungkapkan oleh Taou yan, Ph.D, dalam jurnal Environmental Science & Technology. Dikatakannya bahwa pantai merupakan lokasi yang sangat potensial terkontaminasi bakteri fecal. Bakteri fecal adalah bakteri yang ditemukan dalam tinja. Bakteri ini merupakan salah satu dari kelompok besar organisme yang dapat bertahan tanpa adanya oksigen.

Para peneliti menemukan bahwa proses pembusukan bakteri berbahya itu jauh lebih lambat di pasir pantai daripada di air. para peneliti ini juga meneliti kecenderungan penyakit yang diderita pengunjung pantai. Tahun 2012 mereka meneliti pengunjung pantai di Alaska dan Rhode Island. Mereka menemukan bahwa pengunjung kebanyakan mengalami masalah diare, mual, dan muntah dalam beberapa minggu setelah kunjungan. Tentu saja hal ini terjadi hanya pada pengunjung yang terkontaminasi, namun ada baiknya jika Anda memperhatikan baik-baik kebersihan lingkungan pantai tempat Anda mengisi liburan. pasir pantai pasirpantai

Peneliti juga menekankan adanya tindakan pencegahan yang dapat dilakukan. Anda bisa mencuci tangan dan kaki Anda sampai bersih. Mandi secepatnya setelah selesai berkunjung ke pantai. Bila gejala sakit masih ringan, Anda hanya perlu memastikan sudah membersihkan badan dari pasir pantai. Setelah itu, bilas pula kamar mandi yang Anda gunakan untuk mandi sebelumnya agar bakteri fecal tidak berkembang biak di kamar mandi Anda.

Bagaimana? Masihkah Anda akan berkunjung ke pantai? Berkunjung ke pantai bukanlah ide buruk selama Anda tahu cara menjaga kesehatan. Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Mengatasi kerontokan rambut dengan minyak kemiri alami

Penyebab perut cepat lapar

Cara menjaga kebutuhan energi Anda

Untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment