Mengenal Pap Smear, Teknik Pemeriksaan Kesehatan Leher Rahim Wanita

| Posted : 27 Feb 2015 | Berita Sehat No comments
Pap Smear

Pap Smear www.emedicinehealth.com

Obrolan terkait kesehatan merupakan hal yang selalu menarik untuk diulik. Salah satu yang masih hangat untuk dijadikan perbincangan adalah pap smear. Teknik pap smear merupakan salah satu pemeriksaan untuk melihat kondisi kesehatan leher rahim wanita. Pemeriksaan ini dapat melihat ada tidaknya sel-sel abnormal, sel pra kanker ataupun infeksi yang terjadi di leher rahim. Karena dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan di area leher rahim, teknik pemeriksaan pap smear dilakukan dengan cara mengambil lendir leher rahim.

Mengapa pemeriksaan HPV menjadi hal yang sangat penting? Ini tidak lain karena penyakit kanker serviks merupakan jenis kanker yang dikenal sebagai penyakit paling mematikan pada wanita. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi virus yang dikenal dengan nama Human Pavilloma Virus (HPV). Infeksi HPV sendiri dapat terjadi melaui beberapa hal seperti  paparan radikal bebas, seks bebas ataupun seks yang tidak sehat, hubungan sex yang dilakukan dibawah usia 18 tahun dan juga kebersihan daerah kewanitaan yang tidak terjaga.

Pap Smear

Pap Smear www.webmd.com

Sayangnya, stadium awal kanker serviks tidak menunjukkan gejala yang khas. Namun pada stadium lanjut, gejala kanker serviks dapat berupa pendarahan, keputihan yang berbau, nyeri pinggul hingga sulit buang air kecil. Gejala awal yang tidak nampak inilah yang wajib diwaspadai oleh semua wanita dimanapun berada. Cara termudah yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan tentu saja memeriksakan kondisi organ reproduksi ke dokter. Hingga sangat disarankan bahwa wanita yang telah menikah ataupun aktif secara seksual untuk melakukan pap smear.

Pap Smear

Pap Smear www.cleveland.com

Bagi ladies yang sudah menikah, jangan malu ataupun takut untuk melakukan pap smear. Satu yang perlu diketahui, pemeriksaan ini tidaklah menyakitkan. Satu hal yang perlu diketahui, sehari sebelum melakukan tes pap smear hendaknya Anda tidak melakukan hubungan seksual dulu. Selain itu jangan pula membersihkan vagina dengan sabun, cukup dibersihkan dengan air bersih saja.  Lakukan pemeriksaan pap smear di tempat yang memiliki kredibilitas baik, yang didukung dengan tenaga medis yang mumpuni. Sebagai tindakan preventif, ada baiknya jika Anda melakukan tes ini minimal sekali dalam setahun. Jika selama 3 tahun berturut-turut kondisi leher rahim Anda baik, maka secara otomatis dokter akan mengurangi frekuensi pemeriksaan pap smear itu sendiri. Namun demikian hal ini tetap wajib dikonsultasikan pada pihak medis terkait. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Penyebab Nyeri Kepala Akibat Kehujanan

Mengenal Pengelompokan dan Derajat Keparahan Wasir

Mencegah Kulit Kering Akibat Paparan AC

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:        tabloidnova.com

meetdoctor.com

drozindonesiatranstv.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment