Mengenal Kanker Payudara

| Posted : 01 Mar 2014 | Berita Sehat No comments

43 breast cancer logoBreast cancer alias kanker payudara menjadi ancaman yang mengintai para wanita di dunia. Data dari Kementrian Kesehatan meyatakan kanker tersebut sebagai kasus tertinggi di seluruh rumah sakit Indonesia. Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) menyebutkan bahwa jumlah penderita penyakit tersebut adalah yang terbanyak disbanding kanker lain seperti kanker serviks, leukemia, lymphoma, dan kanker paru.

Sel dalam tubuh manusia dapat beregenerasi untuk menggantikan sel yang rusak atau mati. Proses regenerasi tersebut dapat terjadi dengan adanya gen dalam sel. Sayangnya gen tidak bersifat konstan sehingga bisa bermutasi terutama karena pengaruh luar seperti zat makanan berbagaya. Gen yang bermutasi dan menjadi abnormal mengakibatkan pertumbuhan sel yang tidak normal. Mutasi gen juga dapat membangkitkan dan mematikan gen tertentu . Akibatnya kemampuan regenerasi sel berubah sehingga tanpa kontrol memproduksi sel sejenis.

43 breast-cancer-cellKemampuan sel bereproduksi tanpa kontrol menciptakan sel sejenis akhirnya membentuk tumor. Tumor disebut jinak jika tidak menyerang jaringan lain. Sebaliknya, tumor dianggap ganas karena sel-selnya yang berbahaya menyebar ke bagian tubuh yang berbeda. Tumor ganas inilah yang selanjutnya disebut kanker. Jadi kanker payudara dapat dideskripsikan sebagai pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel payudara.

Kanker payudara dapat terjadi karena berbagai alasan. Sekitar 5-10% breast cancer disebabkan oleh faktor genetik. Penderita kanker karena keturunan ini biasanya memperoleh ‘bibit’ kanker dari ibu atay ayahnya yang menderita penyakit serupa. Sedangkan 85-90% kanker payudara terjadi karena mutasi gen. Mutasi gen tersebut bisa timbul karena proses penuaan maupun gaya hidup yang kurang sehat.

43 kanker payudaraBiasanya kenker payudara berkembang dari sel-sel lobules yang merupakan kelenjar penghasil susu. Tetapi kanker tersebut juga dapat bermula di jaringan stroma (lemak dan jaringan ikat fibrosa) meski tidak umum. Seiring waktu, sel kanker selanjutnya menyebar ke jaringan sehat lain termasuk kelenjar getah bening di ketiak. Dari sana kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Perkembangan kanker payudara dibedakan menjadi beberapa tahapan yang dikenal dengan istilah stage atau stadium.

Stadium 0 Sel kanker tetap berada di payudara tanpa menyebar ke jaringan sehat lain di sekitarnya.
Stadium IA Tumor tumbuh hingga ukuran 2 sentimeter dan tidak menyebar ke bagian payudara lain termasuk kelenjar getah bening.
Stadium IB Tidak ada tumor di payudara tetapi sel kanker ditemukan pada kelenjar getah bening.
Ada tumor di payudara yang berukuran ≤ 2 sentimeter dan kelompok kecil sel kanker menyebar di kelenjar getah bening.
Stadium IIA Tidak ada tumor di payudara tetapi ditemukan sel kanker pada kelenjar getah bening aksila (di bawah lengan).
Ditemukan tumor berukuran ≤ 2 sentimeter atau sebagian kecil sel kanker menyebar di kelenjar getah bening aksila.
Tumbuh tumor dengan ukuran ≤ 5 sentimeter dan tidak menyebar di kelenjar getah bening aksila.
Stadium IIB Ditemukan tumor dengan ukuran ≤ 5 sentimeter dan sel kanker menyebar di kelenjar getah bening aksila.
Ditemukan tumor dengan ukuran lebih dari 5 sentimeter tertapi sel-selnya belum menyebar ke kelenjar getah bening aksila.
Stadium IIIA Tidak ditemukan tumor pada payudara tetapi dijumpai sel-sel kanker pada kelenjar getah bening atau jaringan lain yang saling menempel.
Ditemukan tumor dalam ukuran apapun dan sel kanker telah menyebar hingga kelenjar getah bening aksila dekat tulang dada.
Stadium IIIB Tumor telah menyebar ke dinding atau kulit payudara. Sel kanker juga menyebar sampai kelenjar getah being dekat tulang dada.
Inflamasi (reaksi tubuh misalnya nyeri atau bengkak) kanker payudara dirasakan pada tahap IIIB ini.
Stadium IIIC Tumor telah menyebar ke dinding dada dan atau kulit payudara. Sel kanker juga telah mencapai kelenjar getah bening aksila, kelenjar getah bening dekat tulang dada, hingga kelenjar getah bening di bawah tulang selangka.
Stadium IV Sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain.

 43 stadium kanker payudara

Ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah tubuh dari serangan kanker payudara. Biasakan hidup sehat, diet seimbang, serta menjaga berat badan tidak berlebih. Sebaiknya Anda juga tidak merokok dan menghindari alkohol. Selain itu, upayakan untuk berolahraga secara teratur.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.breastcancer.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment