Mengenal Jenis-Jenis Jamur

dari simpangblogger.blogspot.com

dari simpangblogger.blogspot.com

Fungi atau yang biasa kita kenal dengan sebutan jamur, ternyata mempunyai banyak sekali macam spesies dan jenis. Karena banyaknya jamur dan pertumbuhannya yang bisa menyesuaikan dengan kondisi alam dan iklim yang membuatnya bertahan hidup dimanapun ia berada. Pernah kan Anda menemukan jamur di roti yang sudah basi? Atau jamur di pakaian dan tembok yang lembab dan jarang terkena sinar matahari. Namun tidak semua jamur mengerikan dan berbahaya bagi tubuh walaupun memang ada jamur yang beracun. Yuk lihat bentuk jamur-jamur yang aneh ini!

Jamur otak. Dari namanya saja sudah pasti Anda membayangkan sebuah otak bertumbuh dan berkembang biak. Jamur yang mempunyai nama latin Gyromitra esculenta ini adalah salah satu spesies jamur yang dikenal sebagai morels palsu, yaitu jamur ascomycete dari genus Gyromitra. Jamur ini banyak berkembang biak di Eropa dan Amerika Utara dan biasanya tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon jenis konifera pada musim semi dan awal musim panas. Sesuai dengan namanya, memang jamur ini berbentuk seperti otak tetapi bentuknya tidak teratur, terkadang bentuknya juga dapat terlihat seperti topi dengan warna cokelat tua dengan diameter 10 cm hingga 15 cm. Jamur ini dapat dimakan dengan cara pengolahan yang benar, namun bisa berpotensi sangat fatal jika Anda memakannya secara mentah-mentah.

Jamur devil’s cigar. Jamur ini berbentuk bintang dan mempunyai nama latin Chorioactis geaster. Termasuk salah satu jamur paling langka di dunia dan dikenal sebagai bintang Texas, karena jamur jenis ini hanya ada di sana dan juga di tempat terpencil di Jepang. Jamur jenis ini berbentuk cerutu berwarna cokelat tua dan ketika membuka terlihat seperti bintang, proses ia membuka badannya adalah untuk melepaskan sporanya. Ketika ia melepaskan spora-sporanya, terkadang mengeluarkan suara seperti peluit, namun suara yang dihasilkan adalah berbeda-beda, tergantung bentuk jamurnya.

dari www.anehdidunia.com

dari www.anehdidunia.com

Jamur Sky Blue. Atau mempunyai nama latin Entoloma hochstetteri adalah spesies jamur yang ditemukan di Selandia Baru dan Inda. Jamur kecil dengan warna biru ini, mempunyai warna kemerahan pada insangnya. Warna biru tersebut dihasilkan oleh tiga pigmen azulene. Jamur jenis ini tidak untuk dimakan, namun tidak diketahui apakah beracum atau tidak.

dari imgarcade.com

dari imgarcade.com

Baca juga:

Ini Dia Ciri Payudara Sehat pada Remaja

5 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Mengapa Payudara Wanita Mengendur?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment