Mengapa Selalu Lapar Setelah Sarapan

Makan

Makan pixabay

Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang perlu dilakukan demi menjaga kesehatan Anda. Selain mampu menjaga kadar gula darah, sarapan juga dapat menjadi sumber energi untuk melakukan berbagi aktivitas di pagi hari. Sarapan juga dapat menghindarkan Anda dari kebiasaan “balas dendam” saat makan siang. Meski demikian, ternyata ada sebagian orang yang kerap mengalami rasa lapar bahkan setelah sarapan sekalipun. Jika Anda pernah atau bahkan sering mengalami kejadian serupa, simak informasi menarik berikut ini! Mengapa selalu lapar setelah sarapan

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang selalu merasa lapar bahkan setelah sarapan. Salah satu penyebabnya tidak lain karena Anda tidak mengkonsumsi cukup kalori. Perlu diketahui bahwasanya makan p[ertama Anda harus memiliki total energi sebesar 300 hingga 400 kalori. Tabel konversi jumlah makanan kini dapat ditemukan dnegan mudah. Anda tinggal memasukkan berat rata-rata yang ada dalam makanan Anda.

Untuk mencegah terjadinya rasa lapar, pastikan terdapat beberapa kandungan zat gizi berikut seperti protein, karbohidrat, serat dan lemak sehat. Kandungan protein berguna untuk mencegah kelaparan, karbohidrat sebagai sumber energi, serat untuk membanfu sistem pencernaan dan lemak dapat membantu membuat sarapan Anda terasa lebih mengenyangkan.

Komposisi beragam kandungan makanan tersebut pun berbeda beda. Protein sebanyak 13-20 gram, karbohidrat sebanyak 40-55 gram, serat sebanyak 6 gram dan kandungan lemak sebesar 10-15 gram. Beberapa sarapan populer seperti bagel dan krim keju, roti, pancake, oatmeal hingga sereal ternyata tidak menawarkan kandungan gizi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan gizi menu sarapan yang akan dikonsumsi.

Sendok dan Garpu

Sendok dan Garpu pixabay

Sedangkan makanan manis seperti muffin dan granolla dapat menyebabkan terjadinya ledakan energi yang diikuti dengan penurunan energi dalam waktu yang terbilang cukup cepat. Perlu diketahui bahwasanya gejala seperti sakit kepala, kelelahan dan penglihatan kabur yang kerap ditengarai sebagai gejala kelelahan bisa jadi merupakan sinyal hal yang lain seperti kondisi kurang tidur. Bagaimana dengan sarapan Anda hari ini?

Baca juga:

Alternatif Sarapan Sehat yang Lezat

3 Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula Saat Sarapan

Menyiapkan Sarapan yang Sehat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment