Manfaat Vitamin B dan Turunannya untuk Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Ilustrasi Nicotinamide

Ilustrasi Nicotinamide livestrong.com

Tentu sudah banyak orang yang tahu bahwa SPF pada tabir surya akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. Menurut  studi baru dari The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa mengkonsumsi jenis tertent dari vitamin B dapat mengurangi gejala terjadinya kanker kulit di masa depan. Pengurangan resikonya pun tergolong tinggi, mencapai sekitar 25%. Berikut penjelasan selengkapnya!

Terkait hal ini, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi nicotiamide setiap hari dapat membantu menurunkan resiko beberapa jenis kanker kulit di masa yang akan datang. Nicotinamida merupakan turunan dari vitamin B atau niasin. Para peneliti dari Australia tersebut melakukan penelitian para sekelompok peserta yang telah dua kali didiagnosis kanker kulit non melanoma. Ketika para peserta mengkonsumsi 500 gr nicotinamida sebanyak dua kali sehari dalam setahun menunjukkan penurunan resiko kanker sebanyak 23%.

Terkait hal ini, menurut Delphine Lee, MD, Ph.D., seorang dokter kulit dan direktur imunologi translasi di John Wayne Cancer Institute di Santa Monica mengemukakan bahwa hasil penelitian di atas dapat menjadi salah satu solusi sederhana untuk mencegah terjadinya kanker kulit pada mereka yang beresiko tinggi terkena penyakit kanker. Hasil penelitian tersebut mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa vitamin B3 dapat menjadi pelindung kulit terhadap bahaya kanker.

Terkait hal ini para peneliti tidak berhipotesis terkait bagaimana kinerja vitamin. Lee menambahkan lagi bahwa ada kemungkinan hubungan bahwa nicotinamide merupakan prekusor sel untuk memproduksi ATP (adenin tri phospast). ATP merupakan sumber energi tubuh yang dimanfaatkan oleh sel untuk melakukan fungsi normal mereka sehari-hari.

Ilustrasi Vitamin B2

Ilustrasi Vitamin B2 healthtap.com

Sayangnya, radiasi sinar ultra violet (VV) dari sinar matahari dapat menurunkan ATP dan juga menurunkan fungsi sel. Di sinilah peran vitamin akan mulai masuk. Terkait hal ini, nicotinamide melawan efek buruk UV dengan memproduksi lebih banyak ATP. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan memperbaiki DNA dan  memperbaiki mutasi yang dapat menyebabkan kanker.

Bagi mereka yang memiliki resiko tinggi terkena kanker kulit seperti riwayat pribadi atau keluarga yang memiliki priwayat penyakit kanker ataupun memiliki tanda lesi prakanker, konsumsi nicotinamide akan lebih aman jika dilakukan di bawah pengawasan dokter. Oiya, untuk perlindungan kulit sehari-hari jangan lupa untuk menggunakan tabir surya atau pelindung kulit lainnya  ya!

Baca juga:

Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan dari Perlindungan SPF

Mitos Seputar SPF yang Wajib Anda Ketahui

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment