Manfaat Menunda Menyikat Gigi

| Posted : 18 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

37 toothbrushesMenyikat gigi setelah makan merupakan salah satu upaya untuk menjaga gigi tepat putih dan bersih. Sayangnya, menurut studi kesehatan terbaru, hal tersebut justru kurang baik untuk kesehatan. Kenapa? Mari simak ulasan berikut.

Logisnya, segera membersihkan kotoran yang menempel pada gigi merupakan cara terbaik menjaga kesehatan gigi. Teori tersebut berpedoman pada anggapan bahwa plak serta sisa makanan akan menghasilkan asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang serta penyakit gusi. Tetapi The Academy of General Dentistry justru menganjurkan untuk tidak langsung menyikat gigi setelah makan.

Seperti dikutip dari dailyhealthpost.com, mulut memiliki tingkat keasamannya sendiri. Tingkat pH ideal dalam mulut adalah tujuh. Mengkonsumsi makanan manis akan membuat pH mulut turun. Perlu jeda beberapa saat agar tingkat keasaman dalam mulut kembali normal. Menyikat gigi langsung setelah makan justru akan mendorong asam masuk ke enamel dan dentin. Asam tersebut akan melunakkan enamel sehingga membuat gigi rentan berlubang.

37 TeethTimeFakta tersebut diperoleh setelah melakukan penelitian selama tiga pekan. Sebagian responden diminta langsung menyikat gigi usai mengkonsumsi diet soda. Sebagian lain disuruh menunda menyikat gigi selama 30 hingga 60 menit. Meski tidak mengandung gula, diet soda memiliki pH 2,5. Hasilnya, hilangnya dentin meningkat pada responden yang langsung menyikat gigi segera atau dalam waktu kurang dari 20 menit setelah minum soda diet. Efek yang signifikan justru tampak pada responden yang menunda menyikat gigi antara 30 – 60 menit.

Kesimpulan serupa juga diungkapkan oleh para peneliti dari University of Newcastle. Ilmuwan dari salah satu perguruan tinggi di Inggris itu merekomendasikan agar anak-anak tidak menyikat gigi setidaknya setengah jam setelah makan. Berdasarkan temuan mereka, hampir separuh anak berusia 5 tahun mengalami kerusakan gigi karena langsung menyikat gigi usai makan.

Kegiatan makan, terutama mengkonsumsi makanan manis memang menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk segera membersihkan gigi usai mengudap makanan manis. Menunda menyikat gigi dapat menjadi cara menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jadi pertimbangkan dengan baik waktu yang tepat serta cara Anda menyikat agar gigi tetap kuat dan sehat.

Baca juga :

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Diet Modern Dapat Membuat Gigi Membusuk

Fat-Soluble Vitamins, Deskripsi serta Sumbernya

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment