Manfaat Mandi Bagi Tubuh

| Posted : 14 Nov 2015 | Berita Sehat No comments
Mandi

Mandi shefinds.com

Bagi sebagian besar orang, mandi merupakan salah satu rutinitas yang wajib dilakukan. Hal ini erat kaitannya dengan penampilan dan tingkat kepercayaan diri seseorang. Apalagi untuk orang yang tinggal di kawasan tropis seperti di Indonesia. Tidak mandi sehari saja rasa-rasanya tubuh sudah lengket karena keringat. Belum lagi aroma yang bisa ditimbulkan. Karena itulah mandi merupakan salah satu rutinitas yang biasa dilakukan di pagi ataupun malam hari.

Namun lebih daripada itu, ternyata mandi juga memiliki beragam manfaat baik lainnya. Penelitian yang terdapat dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa berendam dalam air hangta selama 8 minggu mampu meredakan tingkat kecemasan. Bahkan efeknya lebih baik dibandingkan dengan obat. Menariknya lagi, saat mandi dengan air hangat yang diberi tambahan berupa beberapa sendok makan minyak zaitun dapat membantu mengatasi kulit gatal dan bersisik akibat psoriasis.

Dalam hal ini minyak berfungsi sebagai pelembab yang membantu menghilangkan sisik dan mengurangi resiko infeksi pada kulit. Tidak perlu berlama-lama saat mandi air hangat bercampur dnegan zaitun ini, cukup 10 menit saja setiap harinya, lalu keringkan kulit dengan handuk yang lembut. Jika menderita psoriasis, tanyakan pada dokter apakah diperlukan krim pelembab yang digunakan setelah mandi atau tidak.

Shower

Shower ultimate-choice-bathrooms.co.uk

Menariknya lagi ternyata mandi juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh seseorang. Selain itu mandi juga dapat berpengaruh pada produksi hormon melatonin, sebuah hormon yang berperan untuk menginduksi tidur. Karena itulah mandi dengan air hangat sebelum tidur menawarkan beragam manfaat bagi tubuh. Setelah suhu tubuh meningkat akibat air hangat, selanjutnya akan terjadi penurunan suhu udara secara bertahap. Hal ini dapat menyebabkan seseorang merasa mengantuk.

Oiya, mandi ternyata dapat menangkal pilek. Mandi menggunakan air panas dapat menenangkan saluran hidung yang sedang tersumbat serta menghilangkan rasa nyeri yang ada di tubuh. Tidak sampai di sini saja, ternyata mandi juga dapat meningkatkan kinerja otak. Menurut jurnal Alternative and Complementary Therapies, menambahkan essential oils saat mandi ternyata dapat mempertajam memori dan mengurangi tingkat stres seseorang. Ternyata banyak juga kan manfaat mandi. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Ternyata Waktu Terbaik Memakai Deodorant Bukan Setelah Mandi Lho!

Tips Agar Wangi Parfum Bertahan Lama di Kulit

Mengatasi Kulit Kering di Musim Dingin

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.prevention.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment