Manfaat Kaldu Tulang Bagi Kesehatan

Bahan Kaldu Tulang

Bahan Kaldu Tulang pixabay

Kaldu yang terbuat dari tulang diketahui telah menjadi rahasia kelezatan beragam masakan. Bahkan kelezatan samyetang, sup ayam muda ternama dari Korea pun tidak lepas dari peran si kaldu ayam. Dan seperti yang diketahui bersama, kaldu ayam merupakan salah satu bumbu lezat yang mudah dibuat. Cukup ambil tulang dan daging lalu direbus hingga mendidih. Semakin lama proses perebusan, maka semakin banyak pula nutrisi dan mineral dari tulang yang ada pada kaldu.

Selain menambah lezat masakan, ternyata kaldu tulang juga baik untuk kesehatan. Bahkan hal ini bukanlah menjadi hal baru lagi.  Seorang ahli diet dari Academy of Nutrition and Dietetics Haas, RDN, menyebutkan bahwa pemanfaatan kaldu tulang sebagai minuman kesehatan sudah dilakukan selama berabad-abad. Bahkan kaldu ayam telah digunakan oleh Doctors of Chinese medicine untuk memperkuat ginjal dan mendukung sistem pencernaan.

Tak hanya itu, sejak era Victorian, Inggris mengenal beef tea, yang terbuat dari campuran daging sapi yang dimasak dalam air. Jadi jangan heran jika kaldu ataupun konsentratnya kini menjadi salah satu produk kesehatan yang cukup diperhitungkan. Hal ini tidak lepas dari kandungan gizi yang ditawarkan kaldu ayam. Dalam setiap cangkir kaldu ayam menngandung sekitar 6 gram protein,  serta berbagai mineral seperti kalsium, fosfor dan kalium. Seperti yang telah banyak diketahui, kalsium dan fosfor baik untuk tulang dan gigi sedangkan kalium dapat membantu memindahkan nutrisi dari dalam sel serta membuang limbah keluar dari sel.

Kaldu Tulang

Kaldu Tulang hemsleyandhemsley

Ada satu tips yang patut diperhitungkan jika Anda ingin membuat kaldu tulang sendiri. Menurut Daniel Auser, kaldu tulang akan lebih baik jika dimasak dengan suhu rendah dan proses yang lambat. Selain untuk memecah tulang, hal ini diperlukan untuk memecah jaringan ikat pada daging. Selain mendapatkan kolagen, kaldu juga mengandung gelatin. Gelatin diketahui dapat membantu pencernaan dan baik untuk proses penyembuhan. Anda dapat menambahkan beberapa sayuran seperti wortel atau herbal aromatik seperti thyme, rosemary, peterseli ataupun oregano.

Baca juga:

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Makanan yang Dapat Mengurangi Peradangan dan Rasa Nyeri

Tips Olahraga Saat Musim Hujan Tiba

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.fitnessmagazine.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment