Manfaat dari Si Kuning, Kunyit

photo from www.i-tbi.org

photo from www.i-tbi.org

Kunyit merupakan rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan warna alami pada makanan menjadi kuning. Maka dari itu, makanan dengan bahan dasar pewarna kunyit ini tidak berbahaya bagi kesehatan karena memang alami dan tidak mengandung hal yang berbahaya bagi tubuh. Lebih dari itu, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, penasaran bukan? Coba simak penjelasannya dibawah ini.

BACA: 7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

  1. Mencegah serangan jantung
    Kunyit mengandung kurkumin. Zat inilah yang dinilai ada di balik banyaknya manfaat kunyit bagi kesehatan. Meski kurkumin tidak digunakan sebagai pengganti obat-obatan, peneliti menemukan bahwa kurkumin sebagai antioksidan dan anti-inflamasi membuat pasien yang operasi bypass lebih rendah 65 persen terkena serangan jantung.
  2. Mencegah diabetes
    Meminum kapsul kurkumin juga dinyatakan dapat menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Lebih dari sembilan bulan, peserta penelitian diberikan suplemen kurkumin atau kapsul plasebo. Hasilnya, hanya lebih dari 16 persen dari orang yang mengosumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe 2.
  3. Melawan kanker
    Khasiat kunyit dapat menyembuhkan kanker bukan hal yang baru kita dengar. Pelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit dapat memerangi penyakit kanker. Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.

BACA: Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Radang Tenggorokan

  1. Melindungi fungsi otak
    Dalam penelitian terbaru, peneliti menemukan ar-turmeron atau turmeron aromatik yang juga terdapat pada kunyit dapat membantu perbaikan sel-sel batang di otak. Studi ini meneliti efek ar-turmeron pada tikus terhadap suatu sel punca yang juga ditemukan dalam otak orang dewasa. Sel punca ini berkaitan dengan pemulihan penyakit neurodegenerative seperti stroke dan alzheimer. Temuan ini menunjukkan, ar-turmeron berpotensi menjadi obat untuk penyakit yang menyerang otak itu. Studi terbaru pun menunjukkan bahwa konsumsi kunyit dapat meningkatkan ingatan pasien alzheimer.

    photo from kuherbal.com

    photo from kuherbal.com

Meski demikian, perlu selalu diingat untuk konsumsi suplemen dari ekstrak kunyit sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena dokter dapat memberikan saran sebagaimana baiknya dikonsumsi, dosis yang harus dipenuhi atau hal-hal lainnya yang mungkin Anda keluhkan pada saat konsultasikan.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.kompas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment