Manfaat Cokelat yang Belum Banyak Diketahui

Cokelat

Cokelat pixabay

Cokleat dikenal sebagai salah satu camilan lezat yang kaya akan manfaat manfaat. Saking populernya makanan ini, cokelat banyak dijadikan berbagai campuran makanan ataupun minuman mulai dari donat, kue, roti hingga olahan susu. Cokelat dikenal dapat memperbaiki suasana hati seseorang, bahkan saat mengalami kondisi stres sekalipun. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman cokelat yang notabene mengandung kakao flavanol sebelum tes dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Selain itu menurut sebuah studi ternyata mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi nafsu makan. Jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi susu cokelat, konsumsi cokelat hitam dua jam sebelum jam makan dapat mengurangi nafsu makan hinga 17%.  Menariknya lagi, ternyata cokelat juga bermanfaat dalam memelihara sistem kesehatan kadiovaskular lho! Konsumsi cokelat secara teratur, yang notabebe mengandung polifebol dihubungkan dengan peningkatan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan penurunkan kadar kolesterol jahat.

Kandungan epitechin dapat meningkatkan oksida nitrat yang penting bagi kesehatan pembuluh darah. Bioavailabilitas oksida nitrat merupakan faktor yang penting dalam mengatur nada pelebaran, sinyal untuk pertumbuhan sel dan respon inflamasi atau peradangan serta kemampuan dalam melindungi pembuluh saat terjadi pembekuan darah. Lancarnya peredaran darah di pembuluh darah tentu bermanfaat baik dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

Cokelat juga dapat bermanfaat dalam peremajaan sel. Terkait hal ini ternyata kakao memiliki kemampuan dalam hal meningkatkan terbentuknya mitokondria baru! Mitokondria merupakan tempat penghasil energi bagi sel. Terkait dengan peremajaan kulit, ternyata flavanol epicatechin juga bertanggungjawab pada proses mitogenesis atau proses pembelahan sel. Jika proses pembelahan sel lancar, tentu regenerasi kulit dapat berlangsung sebagaimana mestinya.

Cokelat

Cokelat pixabay

Selain itu cokelat juga mengandung theobromine yang mampu memberikan energi pada tubuh dalam jangka waktu yang lama tanpa berefek bagi sistem syaraf pusat. Theobromine juga memiliki efek yang signifikan pada suasana hati seseorang. Bahkan satu studi menunjukkan bahwa perbaikan suasana hati seseorang dapat terjadi bahkan saat mengkonsumsi  theobromine meski dalam dosis yang  kecil sekalipun. Bagaimana pengalaman ANda dengan camilan lezat yang satu ini?

Baca juga:

Peran Susu Cokelat dalam Membantu Menurunkan Berat Badan

Pilihan Minuman Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Anda Fokus

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.huffingtonpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment