Makanan yang Harus Dihindari Saat Terkena Gangguan Pencernaan

| Posted : 02 Apr 2014 | Berita Sehat 2 Comments

20 Bad-Good for diarrheaSalah satu langkah yang harus ditempuh saat mengalami gangguan pencernaan dan diare adalah menghindari makanan yang kemungkinan dapat memperburuk kondisi pencernaan. Makanan apa saja yang dimaksud? Simak ulasan berikut ini.

Yang pertama harus dihindari ketika mengalami digestive problem atau diare adalah gorengan. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak yang tinggi. Makanan dengan kandungan lemak tinggi merupakan salah satu pemicu diare termasuk makanan yang dikonsumsi bersama krim dan mentega. Daging berlemak juga merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diare. Pilih makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengoleskan saus ringan dan sayuran.

20 Citrus FruitsDua, jauhkan jeruk serta buah sitrus lain dari jangkauan Anda saat mengalami diare atau masalah pencernaan. Buah jeruk meruapakan salah satu buah yang kaya serat sehingga tidak cocok dikonsumsi penderita diare. Selain itu jeruk dan berbagai jenis buah sitrus lain bisa menimbulkan sakit perut atau mual pada sebagian orang yang terkena gangguan pencernaan.

Tiga, jangan mengkonsumsi gula sintetis. Gula buatan seperti yang banyak digunakan pada permen terbukti dapat menyebabkan diare. Fungsi normal usus dapat terganggu hanya dengan mengkonsumsi 50 gram makanan yang mengandung gula buatan. Selain permen, gula buatan juga banyak digunakan dalam produk makanan ringan lain.

Dalam kondisi normal, Anda memang disarankan untuk menyantap makanan yang kaya serat. sebaliknya, pada saat terkena diare dan gangguan pencernaan, biji-bijian, buah, dan sayur yang dikenal kaya serat harus dihindari karena menyebabkan kembung. Hal tersebut akan memperburuk masalah pada sistem pencernaan. Setelah diare reda, tingkatkon konsumsi makanan berserat Anda secara bertahap. Meski demikmian, ada jenis makanan berserat yang disarankan untuk dikonsumsi saat diare yaitu oat. Serealia tersebut dipercaya efektif mencegah diare.

20 kubis kolHal yang sama juga berlaku untuk kacang-kacangan. Kacang tidak disarankan untuk dikonsumsi pada saat pencernaan bermasalah karena mengandung gula yang sulit dicerna shingga dapat menyebabkan kembung dank ram. Bakteri dalam usus menghasilkan gas dalam jumlah besar karena pada saat diare tubuh kehilangan enzim pencerna gula pada kacang-kacangan.

Makanan keenam yang harus dihindari pada saat diare atau mengalami masalah pencernaan adalah kol dan sayuran berjenis kubis. Seperti halnya kacang, kol, brokoli, dan beragam kubis memiliki kandungan gula yang sulit dicerna sehingga memicu gas yang berlebihan dalam usus. Selain itu, kubis juga mengandung banyak serat sehingga dapat memperburuk diare.

Dalam kondisi normal fruktosa bisa memicu diare, kembung, kram, dan masalah gangguan pencernaan lain. Jadi permen, soda, kue kecil, serta makanan lain yang mengandung fruktosa juga sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat memperburuk diare dan masalah pencernaan.

20 Cure-Diarrhea-StepPada saat terserang diare, pastikan juga Anda menghindari makanan pedas. Cabai mengandung capsaicin yang dapat memicu rasa panas dalam perut. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa mulas pada orang yang tengah mengalami gangguan pencernaan.

Susu dan produk olahannya juga sebaiknya tidak dikonsumsi selama terserang diare dan gangguan pencernaan terutama penderita intoleransi laktosa. Diare dapat semakin parah karena tubuh kehilangan enzim laktase yang seharusnya berfungsi mencerna laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan suplemen untuk mengganti enzim laktase yang hilang.

Makanan terakhir yang sebaiknya dihindari adalah peppermint. Daun yang menimbulkan efek dingin tersebut sepertinya cocok untuk meredakan panas pada lambung. Sayangnya anggapan itu justru salah. Peppermint bisa menyebabkan refluks asam dan mulas. Cokelat dan kopi juga memiliki pengaruh seperti peppermint jika dikonsumsi pada saat diare atau mengalami gangguan pencernaan.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.webmd.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email
Comments
  1. Posted by alat seks wanita indonesia
  2. Posted by makan sehat yuk

Add Your Comment