Makanan untuk Mencegah Konstipasi

Rubarb

Rubarb pixabay

Konstipasi merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu rutinitas harian seseorang. Jika proses buang air besar terganggu sehari saja tentu dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut. Semakin lama proses konstipasi terjadi, akan semakin lama pula seseorang harus “membawa sampah” di dalam perutnya. Seperti yang telah diketahui bersama, mengkonsumsi cukup serat merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat menghindarkan Anda dari konstipasi.

Kebutuhan serat setiap orang berbeda-beda. Wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya, sedangkan pria membutuhkan lebih banyak, sekitar 38 gram. Jika merasa konsumsi serat harian masih kurang, pastikan Anda dapat meningkatkan konsumsi serat secara bertahap hingga dapat memenuhi kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Berikut ini daftar beberapa makanan yang dapat meminimalisir resiko terjadinya sembelit, siapa tahu Anda menyukai beberapa diantaranya.

Pertama adalah rhubarb, sejenis tanaman keladi atau talas yang daunnya beracun namun batangnya merupakan salah satu sumber makanan sehat. Selain kerap digunakan sebagai bahan sup, tanaman ini juga kerap diolah sebagai bahan kue, pie atau bahkan dimakan mentah sebagai pelengkap salad. Selain kaya akan gizi, ternyata rubarb juga mengandung senna dan cascara yang dikenal sebagai bahan pencahar alami.

Selain itu ada lidah buaya. Seperti hanya rubarb, lidah buaya juga memiliki kandungan senna dan cascara. Anda dapat menambahkan lidah buaya pada smoothie atau salad. Di Indonesia sendiri lidah buaya kerap diolah menjadi minuman hingga permen. Anda bisa mendapatkan olahan lidah buaya di supermarket besar.

Ada lagi kacang. Selain kaya akan sumber protein, kacang juga dikenal sebagai salah satu sumber serat dan magnesium yang sehat.Menurut penelitian yang dipublikasikan pada European Journal of Clinical Nutrition, konsumsi sedikit magnesium dapat berkontribusi pada terjadinya sembelit, utamanya bagi mereka yang mengkonsumsi sedikit serat.

Anggur

Anggur pixabay

Jika kurang menyukai citarasa kacang, Anda dapat beralih pada buah anggur ataupun apel. Dalam sepuluh buah anggur ternyata menawarkan serat sebesar 2,6 gram lho! Anggur dapat menjadi snack yang menyehatkan sekaligus memudahkan Anda untuk dapat buang air besar secara teratur. Sedangkan buah apel merupakan sumber serat yang solid. Sebuah apel berukuran sedang dapat mengandung sekitar 4,4 gram serat. Makanan apa yang menjadi favorit Anda?

Baca juga:

Penyebab Munculnya Keinginan BAB Setelah Minum Kopi

Konstipasi Pada Ibu Hamil

Berbagai Alasan Mengapa Terdapat Darah Pada Tinja

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.prevention.com dan www.republika.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment