Larutan untuk Menghilangkan Pestisida pada Buah dan Sayur

26 mencuci sayur dan buahPerkembangan teknologi telah merambah berbagai bidang termasuk teknologi pertanian. Untuk mendapatkan hasil pertanian yang unggul dan menarik, petani biasanya menggunakan pestisida. Penggunaan pestisida memang membuat aneka produk tanaman seperti sayur dan buah tampak menarik.

Ketika berbelanja, Anda juga cenderung memilih buah dan sayur yang mulus tanpa bekas gigitan ulat atau hama lain. Produk tanaman yang demikian sudah tentu memanfaat pestisida dalam proses penanamannya. Untuk menghindari efek negatif pestisida telah dikembangkan makanan organik. Sayangnya, harga makanan organik lebih tinggi dibandingkan makanan non-organik. Jumlahnya juga terbatas sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan semua konsumen.

26 menghindari pestisida pada buahMasalah pestisida yang menempel pada produk buah dapat diatasi dengan cara mengupas kulit buah sebelum dikonsumsi. Mencuci sayur dan buah juga menjadi salah satu cara untuk menghindari pestisida terserap tubuh. Saat membeli produk pembersih makanan, Anda harus cermat memperhatikan komposisinya. beberapa produk pembersih buah dan sayur mengandung bahan kimia yang tidak baik jika dikonsumsi. Penggunaan produk tersebut memang menghilangkan pestisida, tetapi sebagai gantinya, bahan kimia pembuat sabun akan menempel pada permukaan buah atau sayur.

Untuk menghindari efek bahan kimia serta pestisida dalam sayur dan buah, Anda dapat membuat larutan pencuci sendiri. Selain efektif, bahan pembuatnya dapat dengan mudah ditemukan di dapur rumah. Cukup sediakan cuka dan air. Larutkan keduanya dengan perbandingan 1:4. Jadi bila ingin menggunakan 1 cangkir cuka, Anda harus menambahkan 4 cangkir air. Gunakan larutan tersebut untuk merendam sayur dan buah non-organik selama kurang lebih 1 jam. Untuk apel, rendam buah tersebut 30 menit lebih lama.

26 menghilangkan pestisidaSisa pestisida akan tampak pada larutan cuka setelah Anda meniriskan sayuran. Sebelum dikonsumsi, jangan lupa untuk membilas produk buah dan sayur dengan air bersih sebelum dikonsumsi. Merendam buah dan sayur dalam larutan cuka juga memberikan keuntungan lain yaitu memperpanjang kesegaran buah dan sayur sehingga lebih tahan lama.

Bila merendam dalam larutan cuka dirasa menghabiskan waktu, Anda dapat membuat larutan spray yang efektif diaplikasikan dalam waktu singkat. Sediakan satu sendok makan air jeruk lemon, satu sandok makan baking soda, serta satu cangkir air. Campur bahan-bahan tersebut dan masukan dalam tabung spray. Semprotkan larutan tersebut secara merata pada buah dan sayur dan diamkan selama 5-10 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih. Aneka buah sayuran Anda sudah aman dikonsumsi.

Nah, mudah bukan? Tertarik mencobanya?

Baca juga :

Pentingnya Merendam Kacang Sebelum Dikonsumsi

Teh Hijau dan Cuka Sari Apel, Toner Alami untuk Jerawat

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

dailyhealthpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment