Langkah Awal Menghentikan Kebiasaan Merokok

| Posted : 28 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ketika seseorang telah kecanduan rokok, nikotin yang terkandung dalam tembakau merangsang otak untuk melepas zat yang memberi rasa nyaman (dopamine), sehingga menyebabkan rasa ketergantungan. Untuk mempertahankan rasa nyaman, timbul keinginan untuk kembali merokok.

Beberapa aktivitas lain dapat meningkatkan keinginan untuk merokok karena dianggap identik dengannya. Alkohol dan kopi adalah beberapa pemicunya.

Sebaiknya coba hindari dua jenis minuman ini saat Anda mencoba berhenti merokok. Jika selama ini terbiasa merokok setelah makan, gantilah dengan gosok gigi atau mengunyah permen karet.

the-smoking-effect-lSelain itu buanglah asbak dan korek api setelah Anda merokok untuk yang terakhir kali. Cucilah semua pakaian yang berbau asap rokok, termasuk karpet, selimut, kasur dan lain sebagainya. Gunakan pula pengharum ruangan agar Anda bisa “move on” dari rokok.

Usaha – usaha awal tersebut tidak selalu langsung berhasil, sebab besar kemungkinan untuk gagal di tengah jalan untuk kembali merokok. Banyak perokok yang mencoba berhenti berulang kali sebelum benar – benar lepas dari jeratan rokok.

Jika Anda gagal coba cermati emosi dan keadaan yang membuat kambuh. Gunakan sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali berkomitmen untuk berhenti. Saat membuat keputusan, cobalah lagi dan tetapkan deadline, misal dalam sebulan.

Beberapa aktivitas fisik dapat mengurangi hasrat akan nikotin dan menghapus gejala kecanduan. Ketika Anda ingin merokok, cobalah alihkan dengan berbagai kegiatan olahraga seperti jogging atau bersepeda. Latihan ringan juga dapat membantu, seperti berjalan di taman, berkebun, dan masih banyak lagi. Kalori yang terbakar karena beragam aktivitas tersebut juga akan membuat Anda lebih bugar.

cigarette-smoking1Sebaiknya Anda tidak berdiet ketika sedang berhenti merokok. Memaksakan diri justru akan membuat keinginann merokok kembali meningkat. Daripada diet, lebih baik fokuskan untuk makan sayur, buah – buahan serta mengkonsumsi susu rendah lemak. Penelitian membuktikan, dengan mengkonsumsi makanan – makanan tersebut membuat rasa rokok menjadi tidak enak, sehingga mengurangi gejala kecanduan.

Untuk semakin memotivasi diri, tak ada salahnya mengatur reward bagi Anda sendiri. Misal membeli pakaian baru, tas, atau sepatu baru. Bisa juga dengan melakukan perawatan mewah di salon dan spa. Penghargaan untuk diri itu didapat dari uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok.

Berhenti merokok terbukti banyak memberikan dampak positif. Antara lain menurunkan tekanan darah dan menurunkan denyut jantung setelah 20 menit tidak merokok. Setelah sehari, kadar karbon monoksida (CO) juga akan kembali normal. Dalam waktu dua minggu sampai tiga bulan ke depan, resiko serangan jantung dan gangguan paru – paru juga ikut menurun. Sedangkan berhenti merokok dalam jangka panjang bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker paru – paru dan kanker lainnya.

Bagaimana ? Mau terus merokok atau berhenti ?

Artikel lainnya :

Menjaga Metabolisme Tubuh Sepanjang Hari, Mengapa Tidak ?

Sex Setiap Hari Dalam Sebulan ? Siapa Takut !

Cara Sederhana Menjadi Seorang Gentleman

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment