Ketika Diare Menjadi Masalah Serius

| Posted : 02 Apr 2014 | Berita Sehat No comments

19 diareDiare dianggap sebagai gangguan pencernaan yang biasa oleh sebagian orang. Dalam bidang medis, diare dideskripsikan sebagai meningkatnya frekuensi buang air besar dibanding kondisi normal. Intensitasnya bisa lebih dari tiga kali dalam sehari. Buang air lebih encer daripada biasanya juga tergolong diare. Diare dapat terjadi karena berbagai hal misalnya infeksi pencernaan, konsumsi obat-obatan seperti antibiotik, sindrom infeksi usus besar, dan malabsorsi atau penyerapan nutrisi yang buruk. Meski dianggap sebagai hal umum, diare tidak bisa diabaikan karena dapat menjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Selain intensitas ke kamar kecil meningkat, penderita diare juga kerap mengalami kram, nyeri pada bagian perut, kembung, mual, muntah, hingga demam. Diare biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu 48 jam tanpa obat. Diare dianggap serius bila berlangsung selama lebih dari 24 jam pada anak-anak atau tiga hari pada orang dewasa. Diare serius juga ditandai dengan gejala lain yaitu nyeri parah di bagian perut, terdapat darah pada tinja, demam, serta muncul tanda dehidrasi.

19 banyak minum airDiare yang parah menjadi tanda kondisi kesehatan tertentu seperti infeksi, iritasi usus, pancreatitis, atau bahkan peringatan penyakit kanker usus besar. Bila hingga dua pekan diare yang dialami tidak juga mereda, dapat dipastikan Anda terkena diare kronis. Segera hubungi dokter bila hal tersebut terjadi. Sampaikan juga pada petugas medis tentang berapa lama Anda mengalami diare, makanan yang kemungkinan menyebabkan diare, riwayat kesehatan termasuk jika anggota keluarga lain pernah menderita diare kronis, serta gejala lain yang dirasakan selama diare.

Pada saat terkena diare, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi. Dehidrasi adalah hal yang selalu mengancam saat seseorang terserang diare. Prioritaskan untuk mengganti cairan tubuh terlebih bila Anda juga mengalami mual dan muntah. Perbanyak konsumsi air putih dan minuman elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang banyak terbuang akibat diare. Cairan tubuh dan elektrolit juga bisa diganti dengan menyantap sup ayam, jus buah, atau buah-buahan dengan tekstur lunak. Hindari makanan yang berpotensi memperburuk masalah pencernaan.

19 cukup tidurPada saat terkena diare, pastikan juga Anda cukup istirahat. Istirahat merupakan salah satu langkah alami untuk mengatasi diare. Pada saat tidur, sistem pencernaan juga turut rehat sehingga bisa pulih dengan sendirinya. Hindari tidur terlalu malam karena dapat mengurangi waktu tidur Anda. Bila perlu, Anda dapat bangun lebih lama dibanding biasanya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba obat tradisonal yang aman seperti larutan oralit atau minum teh pahit.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.webmd.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment