Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menggunakan Tabir Surya

| Posted : 20 Oct 2015 | Berita Sehat, Kecantikan No comments
Berjemur di Pantai

Berjemur di Pantai pixabay

Bagi sebagian orang, utamanya mereka yang menyukai kegiatan outdoor dapat melihat tabir surya ibarat malaikat. Bagaimana tidak, tabir surya merupakan produk kecantikan tinggal oles saja dapat melindungi Anda dari bahaya buruk sinar matahari. Namun sudah benarkah cara pemakaian tabir surya Anda? Simak di sini ya!

Tabir surya merupakan produk kecantikan yang diandalkan sebagian orang untuk menangkal pengaruh buruk dari sinar matahari. SPF merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tabir surya. SPF yang tidak lain merupakan singkatan dari sun protecting factor ini umumnya disajikan dengan angka-angka, seperti SPF 15 atau SPF 30. SPF ini akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet B (UVB), bukan sinar ultraviolet A (UVA).

Meski jenis sinar ini sudah tidak asing lagi di telinga namun tahukah Anda bahwa kedua sinar ini sangatlah berbeda. Sinar UV A merupakan sinar yang dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan melanoma. Sedangkan sinar UV B merupakan jenis sinar yang secara fisik dapat menyebabkan luka bakar pada kulit. Jadi jika dilihat dari jenis sinarnya, tentu sinar UVA merupakan sinar UV yang lebih berbahaya.

Umumnya orang akan mengaplikasikan tabir surya pada tangan dan kaki saja. Selebihnya hanya pada wajah, itu pun tentu dengan jenis tabir surya khusus untuk wajah. Bagian lain tubuh seperti bibir, punggung, telinga atau bagian tubuh lain yang langsung terpapar sinar matahari bisa jadi “dilupakan”. Belum lagi kulit yang berada di bawah tali, seperti tali bikini ataupun sekat pada kaki. Akibatnya, kulit dapat menjadi belang-belang usai berjemur ataupun melakukan kegiatan outdoor saat musim panas dalam jangka waktu tertentu.

SPF

SPF activeskin.com.au

Pada tangan misalnya. Meski menjadi salah satu bagian tubuh yang tidak terlupakan saat menggunakan tabir surya, namun sadarkah jika mencuci tangan dapat menghapus tabir surya yang telah digunakan. Jadi setelah mencuci tangan, luangkan sedikit waktu Anda untuk kembali mengoleskan tabir surya sebelum melakukan kegiatan outdoor. Hal ini juga berlaku pada bagian tubuh lainnya.

Oiya meski terdapat label waterproof pada tabir surya, namun tetap ada kemungkinan bahwa olesan tabir surya Anda juga dapat terhapus. Saat Anda menggosok wajah ketika sedang berenang misalnya. Karena itu, jika menyadari Anda baru saja menghapus tabir surya, tidak perlu malu untuk mengoleskannya kembali.  Terakhir, bahan kimia yang berfungsi sebagai UV blockers tentu membutuhkan waktu serap tersentu. Titanium dioxide dan zinc oxide misalnya. Secara manual beberapa diantara zat kimia tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit sebeklum beraksi. Jadi ketika sudah menggunalannya, hindari langsung keluar ruangan ya! Beri jeda kulit untuk menyerapnya terlebih dahulu.

Baca juga:

Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan dari Perlindungan SPF

Produk Kecantikan yang Wajib Terlindung dari Paparan Sinar Matahari

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: stylecaster.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment