Kenali Pendarahan Otak Manusia

| Posted : 30 Oct 2014 | Berita Sehat No comments
dari www.lintas.me

dari www.lintas.me

Anda mengenal Gayatri? Gadis ajaib yang mampu menguasai 14 bahasa dunia. Gadis ini meninggal karena mengalami pendarahan di otak. Sayang sekali bukan, dia seharusnya bisa menjadi seorang diplomat masa depan untuk Indonesia.

Nah, terlepas dari Gayatri, tentunya Anda ingin tahu apa yang menjadi penyebab pendarahan otak manusia. Berikut Anda kenali dulu penyebab pendarahan otak. Pendarahan otak terjadi bila aliran darah yang mengalir ke bagian otak terputus. Sehingga menyebabkan hilangnya fungsi bagian tubuh yang diatur oleh bagian otak. Hal ini bisa terjadi pada siapapun.

Pendarahan otak, dapat terjadi karena luka. Dalam kondisi kronis juga dapat menyebabkan darah tinggi. Darah tinggi yang tidak dirawat adalah penyebab utama yang dapat dicegah dari pendarahan otak.  Melalui periode waktu panjang dapat melemahkan dinding-dinding pembuluh darah. Pelemahan pada dinding pembuluh darah yang membengkak dapat pecah  berdarah di dalam otak, menjurus pada stroke.

dari www.idntimes.com

dari www.idntimes.com

Gejala-gejala yang dapat Anda kenali apabila saudara atau tetangga Anda mengalami pendarahan otak ialah terserang sakit kepala parah yang tiba-tiba. Kemudian Anda bisa mengalami serangan-serangan tertentu yang bisa menyebabkan kelemahan pada lengan atau lunglai. Sekali waktu mengalami mual dan muntah. Tanda-tanda lainnya ialah kesiap-siagaannya berkurang, mengalami kelesuan, perubahan pada penglihatan, mengalami kesemutan, kesulitan berbicara, kesulitan menulis atau membaca, kehilangan keterampilan motorik halus, kehilangan koordinasi, kehilangan keseimbangan, mengalami selera yang abnormal, dan mendadak kehilangan kesadaran.

Apabila mengalami komplikasi, pendarahan otak dapat berlangsung terus menerus di otak hingga pasien dapat mengalami koma dalam waktu lama. Pendarahan otak dapat dicegah dengan cara Anda harus segera berhenti merokok, periksa tekanan darah tiap tahun, apabila mengalami cedera segera periksakan diri ke UGD setelah mengalami muntah atau mengantuk.

Nah, setelah Anda mengetahui ternyata merokok dapat menyebabkan pendarahan otak, tidakkah Anda berfikir untuk berhenti? Agar tidak sampai terkena pendarahan dalam otak, ada baiknya juga Anda sering-sering istirahat, tidak terlalu memforsir kemampuan kerja otak dan selalu berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa menyebabkan cedera di otak. Selamat menjaga diri!

Artikel terkait

Manfaat jeritan saat bercinta

Pengaruh tayangan 3D terhadap kesehatan mata

Hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya risiko osteoporosis

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: kesehatan.us

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment