Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Wasir

www.ahmetdenizli.com

www.ahmetdenizli.com

Kini hemorrhoid atau yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai wasir ini tak segan-segan mengintai bagi mereka yang tidak menjalani pola hidup sehat dan seimbang. Wasir atau ambeien merupakan pelebaran pembuluh darah dan bantalan penutup di area dubur. Apa itu bantalan dubur? Secara psikologis bantalan dubur ada pada setiap orang karena memiliki fungsi sebagai katup yang membantu otot-otot dan syaraf-syaraf yang ada di area dubur untuk menutup lubang dubur itu sendiri. Namun pada penderita wasir, terjadi pelebaran di atas ambang batas normal sehingga dapat menjadi penghalang dan mengganggu fungsi si katup.

Dikutip dari rs-premierjatinegara.com, sekitar 60-67% masyarakat pernah mengalami keluhan di area dubur. Keluhannya pun beraneka ragam, ada yang sekedar rasa gatal saja, sakit di area pembuangan, pendarahan hingga keluarnya benjolan. Sebagian keluhan tersebut dapat disebabkan karena wasir, namun demikian jika Anda mengalami gejala tersebut segera konsultasikan dengan pihak medis yang dipercaya. Mengapa demikian? Karena selain wasir masih terdapat banyak penyakit di area pembuangan ini.

penyakitwasir.org

penyakitwasir.org

Terjadinya pendarahaan atau keluarnya benjolan sewaktu buang air besar menjadi hal yang paling sering menyebabkan pasien memeriksakan kesehatan ke pihak medis. Di samping itu juga dapat terjadi gatal dan keluarnya cairan dari dalam dubur. Yang perlu diketahui, rasa sakit bukanlah menjadi gejala wasir, kecuali jika  wasirnya terjepit. Apa maksudnya? Wasir terjepit adalah wasir yang keluar dari dubur dan tidak dapat masuk lagi.

Lalu apa penyebab penyakit yang mengakibatkan rasa kurang nyaman sat melakukan proses pembuangan “limbah” tubuh yang sudah tidak dimanfaatkan ini? Selain faktor genetik, wasir dapat disebabkan oleh beragam faktor pencetus lainnya seperti susah buang air besar sehingga harus sering mengejan dan lama duduk atau jongkok di kamar kecil. Berkaitan erat dengan kondisi perasaan seseorang, semisal sedang stres atau kelelahan, maka otot-otot di dubur, terlebih otot polos dapat menjadi lebih tegang dari kondisi normalnya. Hal ini juga dapat menjadi salah satu pencetus yang menjadi penyebab terjadinya wasir. Setelah mengetahui gejala dan penyebab terjadinya wasir, yuk segera saja melakukan pola hidup yang sehat dan seimbang agar jauh dari stes, kelelahan dan tentunya wasir! Be healthy everybody!

Baca juga:

Cara Usir Gatal “Nakal” di Area Payudara

Tips Mencegah Bau Pada Area Vital Pria

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: rs-premierjatinegara.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment