Jawaban Mengapa Mammogram Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

Mammogram

Mammogram www.thebreastcaresite.com

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini berbagai peneliti telah menemukan beragam teknologi mutakhir yang bermanfaat bagi dunia kesehatan. Salah satunya adalah mammogram. Mammogram adalah tes pemeriksaan jaringan payudara menggunakan x-ray. Proses radiasi di area payudara ini dapat menghasilkan gambar dari jaringan payudara seseorang.  Perlu diketahui, seringkali pemeriksaan kesehatan payudara melalui mammogram dapat menunjukkan benjolan yang terdapat di payudara sebelum gejala ini dirasakan oleh seorang wanita. Sangat canggih!

Selain itu mammogram juga dapat menunjukkan microcalcifications, sebuah kelompok kecil kalsium yang mengumpul pada area tertentu. Sebenarnya benjolan atau bintik payudara pada wanita dapat disebabkan karena kanker, adanya sel-sel kanker atau kondisi lainnya, kista misalnya. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui ada tidaknya sel yang tidak normal. Menarik bukan mengulik kehebatan metode yang ditawarkan mammogram ini?

Tentu seorang wanita akan merasa senang jika ia tidak menemukan masalah pada payudaranya usai menjalani mommogram. Sayangnya, bagi mereka yang mengalami masalah payudara akan menimbulkan efek yang berbeda. Mereka  terancam dapat mengalami tekanan mental hingga lima kali lipatnya. Hal ini dibuktikan pada sebuah studi yang dilakukan di Swedia. Kala itu ada penelitian yang melibatkan tes mammogram ini memberikan palsu kepada beberapa peserta. Hasil tes ini digunakan untuk mengetahui bagaimana reaksi wanita usai melakukan mammogram.

Dari 400 kasus ditemukan bahwa 88% wanita mengatakan rasa kecewanya usai melihat hasil tes. Tak hanya itu, sebesar 83% juga melaporkan mengalami kecemasan. Sebanyak 63% juga mengatakan mengalami perubahan perilaku, bahkan 53% peserta menderita masalah tidur. Dari hal ini tentu dapat disimpulkan bahwa hasil palsu tersebut menimbulkan kecemasan pada peserta. Bahkaa hingga 6 atau 12 bulan setelah diberi tahu bahwa hasil tes mammogram itu palsu, mereka masih mengalami teknan mental. Ada juga yang tidak terima dengan apa yang mereka alami saat itu.

Mammogram

Mammogram www.nbcnews.com

Meski terkesan cukup kontroversial, namun tujuan penelitian ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kesadaran wanita akan kesehatan payudara yang salah satunya dapat dilakukan melalui tes mammogram. Tidak sedikit wanita memilih menghindari tes kesehatan karena takut melihat hasilnya. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Cari Tahu Yuk Gejala Fibroadenoma, Tumor Jinak Pada Payudara!

4 Mitos Menarik Seputar Bra

Baikkah Melepas Bra Saat Tidur?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: nationalbreastcancer.org dan news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment