Info Menarik Seputar Teh Hitam

Teh Hitam

Teh Hitam zesttea

Teh merupakan salah satu produk minuman yang disukai banyak kalangan. Tak terkecuali masyarakat Jawa. Di kawasan ini teh yang paling enak dikenal dengan sebutan leginastel yang tidak lain merupakan kepanjangan dari legi (Manis) panas dan kentel (kental). Ada beragam jenis teh di dunia. Ada yang mengandung kafein, probiotik ataupun flavonoid yang berpotensi sebagai antioksidan. Menariknya lagi, teh dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Begitu pula dengan teh hitam. Apa kelebihan lain dari jenis teh ini? Simak segera informasi selengkapnya  sesaat lagi.

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh di dunia. Secara garis besar, jenis teh dibedakan menjadi empat jenis yaitu teh hitam, teh hijau, teh putih dan teh oolong. Teh hitam sendiri merupakan jenis minuman populer yang telah dikonsumsi selama 500 tahun lebih. Teh hitam dan teh hijau masuk dalam dua jenis teh yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Teh hitam lebih populer di Eropa dan Amerika Utara, sedangkan teh hijau merupakan komoditi populer di Jepang dan Tiongkok.

Beda jenis tehnya, beda pula proses yang dilakukan. Teh hijau dibuat dari daun teh yang dikeringkan lalu diseduh sesegera mungkin setelah dipanen, jauh berbeda dengan teh hitam. Teh hitam berasal dari daun teh yang dioksidasi. Proses oksidasi ini menyebabkan pembentukan dua senyawa, theaflavins dan thearubigins. Kedaunya memberi efek pada warna dan rasa teh hitam yang begitu khas.

Ada satu fakta menarik seputar teh yang patut diketahui. Hal ini tentu saja erat kaintannya dengan kandungan antioksidan yang ditawarkan teh. Teh hijau menawarkan antioksidan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan teh hitam. Terkait hal ini, ternyata kandungan antioksikan pada teh yang dilepaskan tergantung pada suhu saat penyeduhan. Antioksidan akan lebih banyak dilepaskan jika diseduh pada suhu yang lebih tinggi. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa penyeduhan teh yang mendekati 90°C dapat meningkatkan antioksidan hingga 10 kali lipat. Nah!

Hingga saat ini manfaat teh hitam bagi dunia kesehatan masih terus dikaji. Termasuk manfaat teh hitam dalam membantu mencegah terjadinya kanker serta efeknya dalam membantu mengurangi sel kanker dalam tubuh. menariknya lagi ada beberapa bukti lain yang menunjukkan bahwa teh hitam dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker lain seperti kanker rektum, usus besar, lambung, paru-paru, dan kanker payudara. Hal ini terkait dengan kandungan polifenol dan antioksidan yang terdapat dalam teh hitam. Meski demikian masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai klaim ini.

Teh Hitam

Teh Hitam rivertea

Karena mengandung kafein, teh hitam dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi Anda. Pada orang yang tidak memiliki riwayat masalah jantung, ada beberapa bukti yang menunjukkan peranan teh dalam mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Namun demikian alangkah baiknya jika ANda tetap menjaga konsumsi teh dalam batas yang wajar. Cheers!

Baca juga:

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Kulit

Tanaman Herbal untuk Melawan Kanker

Teh Hijau dan Cuka Sari Apel, Toner Alami untuk Jerawat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthline.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment