Hot Chocolate Mampu Mencegah Penurunan Daya Ingat

| Posted : 17 Oct 2013 | Berita Sehat No comments

Anda penggemar coklat ? Berikut ada kabar baik bagi Anda !

22D8EC60444AC0272CBCD92355C2C995Ilmuwan di Harvard Medical School menyarankan untuk mengkonsumsi dua cangkir hot chocolate dalam satu hari. Hal tersebut dapat mengoptimalkan kerja otak dan mencegah penurunan daya ingat pada orang dewasa.

Tim peneliti tersebut mencoba mempelajari orang yang mengkonsumsi coklat terhadap seberapa kuat daya ingatnya.

Farzaneh A. Sorond selaku pemimpin proyek penelitian dan anggota American Academy of Neurology, mengatakan bahwa selain membutuhkan lebih banyak asupan energi untuk menjalankan tugasnya secara optimal, berbagai area di dalam otak manusia juga perlu aliran darah yang lancar. Hal ini disebut neurovascular coupling, dan kemungkinan besar berdampak besar dalam pengobatan penyakit syaraf otak, seperti Alzheimer.

Untuk keperluan riset ini, tim ilmuwan merekrut 60 orang tua yang belum pikun dengan usia rata – rata 73 tahun. Para responden ini diminta untuk minum dua cangkir hot chocolate sehari selama kurun waktu 1 bulan.

Separuh partisipan meminum hot chocolate dengan kualitas baik, dan sebagian lagi minum hot chocolate dengan kualitas rendah. Selama percobaan ini, mereka tidak diijinkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan coklat lainnya.

hot-chocolateKemudian tim riset mengukur daya ingat dan kemampuan berpikir orang – orang lanjut usia tersebut sebelum dan sesudah percobaan dilakukan. Dengan menggunakan ultrasound, tim ini juga mengukur neurovascular coupling (respon aliran darah yang mempengaruhi kinerja otak) para responden setelah tesnya berakhir.

Hasilnya, saat awal percobaan, 18 dari 60 responden mengalami gangguan dalam neurovascular coupling. Pada akhir studi, kinerja otak mereka naik 8,3 %.

Para orang tua yang menjadi partisipan ini juga mampu memperbaiki nilai di memory speed test. Sebelum mengkonsumsi hot chocolate mereka membutuhkan waktu 167 detik untuk menyelesaikan tes tersebut, setelah selesai masa percobaan, mereka hanya membutuhkan waktu 116 detik.

hotchoc_1789673bHasil dengan dua jenis coklat dengan kualitas berbeda ternyata tidak terlalu berpengaruh. Baik yang mengkonsumsi hot chocolate kualitas tinggi maupun yang rendah, semuanya mampu mencegah penurunan daya ingat.

Satu lagi hasil yang cukup menggembirakan, yakni tidak ada efek samping dari rutinitas mengkonsumsi hot chocolate.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa penelitian ini masih akan terus dikembangkan guna memperkuat bukti hubungan antara coklat, aliran darah dan penurunan daya ingat.

Nah, selama terus menantikan berita – berita baik tentang kelanjutan riset ini, Anda bisa membaca artikel lainnya tentang :

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.medicalnewstoday.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment