Hati-Hati Ya, Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Air Liur!

| Posted : 29 Jun 2016 | Berita Sehat No comments
Bibir

Bibir pixabay

Meski memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, ternyata air liur juga dapat menjadi media penularan penyakit. Karena alasan inilah sebaiknya hindari membuang air liur sembarangan ataupun bersin tanpa menutup mulut. Berikut beberapa penyakit yang dapat menular melalui air liur!

Influenza

Penyakit influenza merupakan jenis yang kerap dialami oleh masayarakat luas. Penyakit dengan gejala nyeri kepala, nyeri sendi, nyeri tenggorokan, demam dan juga pilek ini dapat menular dengan mudah baik melalui cairan dahak ataupun air liur. Cara penularannya pun tergolong beragam, mulai dari bersin, batuk ataupun berciuman. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan vaksinasi.

Virus Meningitis

Meningitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus ataupun bakteri yang mempengaruhi selaput halus yang menutupi otak dan sistem syaraf pusat. Meski penyakit ini tergolong penyakit yang cukup langka, namun meningitis dapat menyerang siapa saja, bahkan balita dan bayi sekalipun. Meningitis dapat menular melalui batuk ataupun bersin.

Virus Epstein Barr

Infeksi penyakit karena Virus Epstein Barr ini merupakan penyakit yang jarang terdeteksi karena memiliki gejala infeksi yang mirip dengan radang tenggorokan seperti demam, nyeri tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening dan rasa lelah yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Virus ini dapat menyebabkan penyakit infectious mononucleuosis. Penyakit ini banyak menyebar melalui aktivitas ciuman.

Hepatitis B

Meski media penularan utamanya melalui darah, namun virus hepatitis B juga dapat ditularkan melalui air liur. Infeksi ini dapat terjadi saat darah dan air liur penderita hepatitis bersentuhan langsung dengan aliran darah atau selaput lendir seseorang. Ciuman antara penderita hepatitis dengan orang yang memiliki luka terbuka di mulut dapat menjadi salah satu media penularan penyakit hepatitis B .

Cytomegalovirus

Bibir

Bibir pixabay

Cytomegalovirus (CMV) merupakan salah satu bentuk infeksi keluarga virus herpes yang gejalanya menyerupai penyakit flu. Namun ada pula yang mengalami penyakit ini tanpa gejala apapun. CMV ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh seperti air liur, darah, urin, ASI serta hubungan seksual. CMV akan terdeteksi dengan pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan sebelum pernikahan. Pemeriksaan CMV biasanya dilakukan dengan pemeriksaan penyakit lain yang dikenal dengan sebutan TORCH.

Baca juga:

Hati-Hati Ladies, Ternyata Wanita yang Sering Migrain Beresiko Terkena Penyakit Jantung!

Meski Pahit, Ternyata Jus Daun Pepaya Dapat Membantu Menyembuhkan Demam Berdarah !

Mengenal Parkinson, Penyakit yang Diderita Muhammad Ali Selama 32 Tahun

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com, www.klikdokter.com , www.ayahbunda.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment