Gaya Makan yang Dapat Usir Jerawat

photo from www.godsdirectcontact.org

photo from www.godsdirectcontact.org

Jerawat yang muncul di wajah tentunya banyak membuat khawatir apalagi kaum hawa. Nah pemicu jerawat ini salah satunya adalah makanan. Bahkan beberapa penelitian makanan mampu memicu timbulnya jerawat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jerawat sangat terkait dengan asupan makanan yang kurang sehat.  Meski demikian, jika Anda ingin terhindar dari jerawat maka silakan mencoba beberapa makanan yang dapat mengusir jerawat.

Cokelat yang semula diduga penyebab jerawat, ternyata tidak terbukti kebenarannya. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology tahun 2009 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara cokelat dan jerawat.

Sedangkan makanan cepat saji ternyata sangat ampuh menyebabkan jerawat. Makanan yang mengandung Indeks Glikemik tinggi seperti tepung dan gula halus, dan yang mengandung banyak asam lemak omega-6 seperti minyak sayur, daging dan telur, justru berkaitan dengan peningkatan munculnya jerawat.

Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi dicerna dengan cepat dan melepaskan glukosa ke dalam darah dalam jumlah banyak dan tiba-tiba. Para peneliti percaya bahwa kadar glukosa darah dapat meningkatkan produksi minyak dan meningkatkan kadar hormon testosteron yang dapat menimbulkan jerawat.

Sementara itu, asam lemak omega-6 dikenal dapat memicu peradangan, dan telah dikaitkan dengan jerawat. Asam lemak ini berbeda dengan asam lemak omega-3. Pasalnya  omega-3 tingkat tinggiu telah terbukti mengurangi resiko jerawta dengan cara menurunkan produksi minyak.

photo from www.iran-daily.com

photo from www.iran-daily.com

Susu juga dapat mendorong jerawat, menurut sebuah artikel tahun 2005 yang diterbitkan Journal of American Academy of Dermatology. Peneliti mengevaluasi data dari 47.000 orang wanita lebih dan menemukan hubungan antara konsumsi susu dengan peningkatan jerawat. Para peneliti menduga hubungan ini mungkin disebabkan hormon atau molekul lain yang ditemukan dalam susu.

Dilansir myhealthnewsdaily.com, Berikut gaya makan yang bisa dilakukan untuk mengusir jerawat:

  1. Ganti roti putih dan pasta dengan roti atau pasta gandum yang memiliki indeks glikemik lebih rendah.
  2. Kurangi asupan makanan olahan secara keseluruhan. Makanan olahan umumnya mengandung banyak minyak nabati dan asam lemak omega-6.
  3. Makan lebih banyak makanan yang kaya akan omega-3 seperti sarden, biji rami dan kenari. Jika tidak, cobalah suplemen omega-3.
  4. Kurangi konsumsi produk susu. Coba ganti susu dengan produk lain seperti susu kedelai. Keju juga perlu dihindari.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email
Comments
  1. Posted by Tips Kesehatan dan Kecantikan
  2. Posted by Tips Kesehatan dan Kecantikan

Add Your Comment