Diet Modern Dapat Membuat Gigi Membusuk

| Posted : 17 Oct 2013 | Berita Sehat No comments

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat kakek – nenek yang bisa membuka tutup botol minuman soda dengan giginya. Hal tersebut tidak mustahil sebab orang – orang jaman dulu kebanyakan memiliki kualitas gigi yang sehat dan kuat, mengapa demikian ? Mari kita lihat bersama!

getty_rm_photo_of_woman_eating_strawberriesSebuah penelitian tentang evolusi gigi selama 7.500 tahun terakhir menunjukkan bahwa manusia saat ini memiliki bakteri mulut lebih sedikit dibandingkan populasi manusia di masa lalu.  Ilmuwan meyakini bahwa hal tersebut berpengaruh pada banyaknya penyakit mulut kronis akhir – akhir ini.

Para peneliti dari University of Adelaide’s Australian Centre for Ancient DNA (ACAD), University of Aberdeen (Dept of Archeology), Scotland dan Wellcome Trust Sanger Institute, Cambridge, Inggris mempublikasikan studi mereka di “Nature Genetics”.

Ilmuwan – ilmuwan dari berbagai universitas terkemuka di dunia tersebut menjelaskan bahwa dampak negatif terhadap gigi sudah terlihat sejak manusia berevolusi dari masa berburu berganti menjadi bercocok tanam. Situasi semakin memburuk ketika peradaban manusia mulai mengenal pabrik pengolahan makanan di jaman revolusi industri.

Dalam proses penelitian ini, para ahli yang dipimpin Professor Alan Cooper mengekstrak DNA plak gigi dari 34 fosil manusia purba yang ditemukan di Eropa Utara. Mereka membandingkan gigi manusia purba yang hidup pada masa berburu, masa bercocok tanam, dan juga dengan manusia jaman sekarang.

imagesDalam tulisannya, menyebutkan bahwa kesehatan gigi manusia modern semakin menurun akibat kebiasaan buruk, salah satunya karena diet. Bahkan diet modern yang ketat dan cenderung menurunkan berat badan secara instan dapat mengakibatkan pembusukan pada plak gigi.

Pada dasarnya hubungan antara diet dengan kualias gigi cukup bisa dimengerti. Dengan melakukan diet, konsumsi pemanis atau gula justru bisa bertambah, hal tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Belum lagi yang mengurangi konsumsi makanan namun tetap merokok. Dampaknya akan jauh lebih buruk dari sekedar gigi membusuk, yakni kelainan pada gigi dan kanker rongga mulut. Kanker di dalam rongga mulut biasanya dimulai dengan adanya iritasi dari produk rokok yang dikonsumsi.

Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan kelainan lainnya pada rongga mulut, misalnya pada lidah, gusi, mukosa mulut dan langit – langit. Kelainan tersebut bisa berupa stomatitis dan infeksi jamur.

dokter-gigiWarna gigi dapat berubah karena tembakau. Pada mulanya orang menganggap noda pada gigi disebabkan oleh nikotin, tapi sebenarnya itu merupakan hasil pembakaran tembakau yang berupa ter. Nikotin sendiri tidak berwarna dan mudah larut. Warna coklat terjadi pada perokok biasa, sedangkan warna hitam terjadi pada perokok yang menggunakan pipa.

Dari sini, kita bisa melihat bahwa diet memiliki dua sisi, positif dan negatif. Sisi positifnya, dengan mengurangi konsumsi makanan, orang dapat menurunkan berat badan yang berlebih, hal tersebut dapat mengurangi resiko penyakit. Sedangkan sisi negatifnya, dengan diet modern yang cenderung ketat dan instan, kualitas gigi mengalami penurunan, bahkan bisa membusuk.

Dari penelitian ini diharapkan agar orang di jaman modern tetap concern terhadap kesehatan gigi dan mulut, sebab dari sinilah awal mula makanan masuk ke dalam tubuh. Percuma saja bila Anda mengatur banyak sedikit makanan yang dikonsumsi namun gigi dan mulut tidak sehat, benar bukan ?

Simak juga artikel tentang :

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.medicalnewstoday.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment