Dampak Fatal Menahan Buang Air Kecil

| Posted : 28 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

pee1

Jika Anda terbiasa menahan kencing, apapun alasannya, sebaiknya rubahlah habit tersebut !

Mengapa ? Karena akibatnya bisa fatal.

Dokter neuropati dari Toronto Naturopathic Health Clinic, Dr. Chamandeep Bali menjelaskan, semakin lama Anda menahan buang air kecil, kandung kemih dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kerusakan yang lebih fatal bagi tubuh.

Dengan kata lain, mengacuhkan hasrat kencing akan menyuburkan perkembangbiakan bakteri di dalam kandung kemih. Akibatnya bisa menimbulkan infeksi saluran kemih hingga masalah batu ginjal.

6277684962_30898c17fc_b_large_verge_medium_landscapeUrin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori. Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra.

Urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urin berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urin berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa.

Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan dibuang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urin dapat diketahui melalui urinalisis. Urea yang dikandung oleh urin dapat menjadi sumber nitrogen yang baik untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan kompos. Diabetes adalah suatu penyakit yang dapat dideteksi melalui urin. Urin seorang penderita diabetes akan mengandung gula yang tidak akan ditemukan dalam urin orang yang sehat.

251lsInfeksi saluran kemih seringkali dialami oleh wanita, karena mereka merasa jijik dengan toilet kotor. Namun bukan berarti kaum adam terbebas dari resiko penyakit ini. Bila merasa ingin menggunakan toilet umum usahakan mencari yang paling bersih, gunakan pula toilet covers. Namun sayangnya tak banyak WC umum yang menyediakan toilet covers, opsi lainnya pakailah tisu.

Urin adalah “sampah” atau hasil reduksi tubuh yang memang harus dikeluarkan. Jadi jangan pernah menahan buang air kecil lagi !

Artikel lainnya :

Menjaga Metabolisme Tubuh Sepanjang Hari, Mengapa Tidak ?

Sex Setiap Hari Dalam Sebulan ? Siapa Takut !

Cara Sederhana Menjadi Seorang Gentleman

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : Ghiboo

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment