Dampak Buruk Ngemil di Malam Hari

Ngemil Malam Hari

Ngemil Malam Hari expertbeacon

Ngemil merupakan salah satu godaan terberat ketika sinyal lapar mulai mendera. Selain itu ada pula yang melakukannya karena hobi. Apalagi jika mulut sudah terasa hambar. Ngemil juga kerap dijadikan pekerjaan sampingan ketika menonton film ataupun siaran televisi favorit. Karena pagi hingga siang hari biasa disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, maka malam hari menjadi salah satu waktu terbaik yang dihabiskan bersama dengan camilan favorit. Baikkah kebiasan ini?

Jika Anda termasuk satu diantara ratusan penggemar ngemil di malam hari, tampaknya hobi yang satu ini perlu segera ditinggalkan. Salah satu penyebabnya adalah adanya kemungkinan tubuh akan lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak saat malam hari.

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa kemampuan tikus putih dalam mengontrol kadar gula darah dapat berubah-ubah sepanjang hari. Jika jam biologis yang mencakup fase tidur dan bangun terganggu dapat menyebabkan penyimpanan lemak yang lebih banyak.Penemuan baru ini dapat membantu menjelaskan kaitan antara pekerja dengan jam kerja tidak beraturan memiliki resiko lebih  terkena diabetes atau obesitas.

Perubahan jam biologis juga dapat mengakibatkan gangguan metabolisme. Gangguan ini dapat menyebabkan terjadinya kecenderungan tubuh menyimpan lemak. Dalam studi ini, para peneliti mengganggu jam biologis tikus dengan  menempatkannya di cahaya merah redup sepanjang hari. Menariknya hal ini mengakibatkan terjadinya resistensi insulin  pada populasi tikus.

Ngemil Malam Hari

Ngemil Malam Hari foxnews

Hormon insulin berfungsi membantu gula darah untuk masuk ke dalam sel tubuh. Terjadinya resistensi insulin dapat menyebabkan tubuh menjadi semakin gemuk. Penemuan ini bisa menjadi petunjuk bahwa ngemil di malam hari dapat berefek buruk bagi manusia. Mendengar fakta ini, masihkah Anda ingin meneruskan hobi ngemil di malam hari? Pikirkan lagi ya!

Baca juga:

Ini Dia Penyebab Datangnya Rasa Lapar Berlebih

Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari !

Serba-serbi Alergi pada Makanan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment