Daftar Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit

Lemon Tea

Lemon Tea pixabay

Sakit merupakan salah satu hal yang tidak pernah diharapkan oleh siapapun. Namun jika kondisi ini terjadi, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Salah satunya tidak lain adalah makanan. Bagaimanapun juga nutrisi yang mencukupi akan membantu Anda saat masa recovery. Berikut daftar beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan ketika sedang sakit.

Selain makanan padat, hal pertama yang wajib diperhatikan saat sakit adalah mengambil banyak cairan untuk dikonsumsi. Untuk kondisi sakit perut, jahe dan peppermint atau teh jahe menjadi salah satu minuman yang direkomendasikan. Saat hidung tersumbat, minuman panas seperti teh lemon dapat menjadi alternatif yang menarik. Untuk kekebalan tubuh, teh hijau dapat mendukung kekebalan tubuh Anda.

Selanjutnya Anda dapat menjatuhkan pilihan makanan pada protein yang mudah dicerna. Mndapatkan protein merupakan hal yang penting saat sedang sehat ataupun sakit. Namun menikmati protein yang mudah dicerna akan membantu kinerja pencernaan saat kondisi badan sedang tidak fit. Saat perut sedang terasa tidak enak, Anda dapat memilih telur daripada steak.

Telur

Telur pixabay

Selain mudah dicerna, proses memasak telur tentu jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengolah steak. Plain yoghurt juga dapat menjadi pilihan yang menarik. Namun demikian, pilihan makanan tetap wajib disesuaikan dengan sakit yang sedang diderita. Anda dapat berkonsultasi pada dokter ataupun nutrisionist yang sedang merawat Anda.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung glutathione saat sedang sakit dapat menjadi alternatif yang patut untuk dilirik. Glutathione merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti mampu melawan infeksi. Kandungan glutathione ditemukan pada bahan makanan seperti pada semangka, brokoli, kale dan kubis.

Kaldu Tulang

Kaldu Tulang hemsleyandhemsley

Selanjutnya ada sup yang dikombinasikan dengan kaldu tulang. Selain menambah nafsu makan, sup dapat diisi dengan berbagai sumber gizi seperti sayur, biji-bijian hingga berbagai jenis protein seperti tofu, hingga potongan ayam ataupun daging. Selain lezat, menyantap sup saat panas dapat mengurangi efek dingin serta bermanfaat untuk membuka  saluran sinus di hidung yang sedang macet.

Saat sakit, asupan makanan yang kaya akan vitamin B6 dan B 12 juga sangat penting. Selain berguna untuk masa penyembuhan, ikan, susu, bayam hingga kalkun dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Jika Anda sedang flu, yoghurt dikenal dapat meningkatkan respon imun seseorang. Salah satu jenis yoghurt terbaik adalah Greek Yoghurt.

Baca juga:

Mengapa Selalu Lapar Setelah Sarapan

Arti Warna Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Daftar Makanan Terburuk untuk Dikonsumsi Saat Malam Hari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment