Daftar Bahan Makanan Sintetis Berbahaya

| Posted : 02 Apr 2014 | Berita Sehat No comments

72 bahan tambahan makananSudah bukan rahasia lagi bila banyak produk makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung bahan tambahan makanan. Bahan makanan sintetis tersebut memang memiliki nilai positif diantaranya memudahkan proses memasak serta mengurangi biaya terutama bagi pengusaha makanan. Sayangnya tidak semua bahan sintetis dapat diterima oleh tubuh manusia. Berikut daftar bahan-bahan kimia yang sebaiknya Anda hindari.

Pertama adalah Acrylamides. Bahan kimia ini menyebabkan kanker terutama jika diolah dengan cara dipanggang. Bahan tersebut biasanya ditemukan pada produk olahan kentang seperti roti hingga keripik. Penelitian yang dilakukan National Cancer Institute bahkan menyebut bahwa bahan tambahan makanan itu termasuk salah satu yang berbahaya.

Aspartame merupakan jenis pemanis buatan yang lazim dijumpai dalam makanan dan minuman kemasan. Zat kimia tersebut berpotensi menimbulkan kerusakan neurologis dan berpengaruh pada perilaku. Sebuah penelitian bahkan mengungkap bahwa aspartame dapat mengubah fungsi otak tikus.

72 sirup jangungBPA atau Bhipenol-A banyak dijumpai pada plastik kemasan yang biasa dipakai produsen minuman. National Institute of Enviromental Health and Science menyatakan bahwa zat tersebut berpotensi menimbulkan kanker serta ganguan neurologis. Pemerintah sudah melarang penggunaan BPA dalam industri kemasan makanan untuk mencegah bahayanya.

Sirup jagung dikenal mengandung fruktosa dalam kadar tinggi sehingga mengakibatkan obesitas dan gangguan metabolisme. Dalam sebuah penelitian kesehatan dikatakan konsumsi sirup jagung memperbesar resiko diabetes.

Pewarna makanan juga menjadi bahan tambahan makanan yang sebaiknya Anda hindari. Berdasarkan penelitian tahun 1990, bahan kimia tersebut mempengaruhi pola perilaku responden yang dalam riset itu adalah anak-anak. Mereka menjadi mudah marah, gelisah, dan sulit tidur karena mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna.

72 organic vs gmoGMO atau Genetically Modified Ingredients sebenarnya merupakan teknologi untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih unggul. Sayangnya modifikasi gen yang dilakukan pada tanaman juga menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Salah satu produk GMO yang sering dikonsumsi adalah jagung.

Anda sebaiknya juga menghindari susu yang diproses dengan homogenisasi. Cara pengolahan tersebuttidak hanya merusak susu tetapi juga mengakibatkan gangguan kesehatan termasuk penyakit jantung.

Minyak terhidrogenasi parsial sebenarnya merupakan usaha agar bahan makanan tersebut stabil pada suhu ruangan. Sayangnya minyak tersbeut memiliki kelemahan yaitu mengandung asam lemak jenuh yang memicu kolesterol. Penelitian juga membuktikan bahwa partially hydrogenated oil dapat mengganggu kesehatan jantung.

72 baconSodium biasanya terdapat pada makanan yang diawetkan dengan garam. Penelitian yang dilakukan American Heart Association menyatakan bahwa pola makan tinggi natrium memiliki resiko yang lebih besar untuk terserang tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung, kanker perut, penyakit ginjal, dan batu ginjal.

Sodium Nitrit terkandung dalam bahan pewarna makanan merah yang biasa dipakai untuk membuat bacon, hot dog, saus, ham, serta produk olahan daging lainnya. Bahan tambahan makanan tersebut merupakan salah satu yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena menyebabkan kanker pankreas, kanker usus besar, serta tumor otak.

Sucralose merupakan pemanis buatan yang dijual sebagai splenda. Molekul sucralose mengandung khlorin. Para peneliti berulangkali menyatakan bahwa bahan tambahan makanan tersebut berpotensi mengakibatkan obesitas karena merangsang pertambahan berat badan.

72 yeast extractLemak trans biasanya dipakai untuk mengolah makanan yang dijual bebas. Meski telah dipanggang, kandungan lemak jenuhnya masih tinggi sehingga mampu mneingkatkan kolesterol dan dan resiko penyakit jantung serta stroke.

Terakhir, hindari makanan yang mengandung yeast extract. Bahan tersebut merupakan bentuk lain dari MSG yang bebas glutamat. Biasanya ditambahkan pada akanan yang diklaim ‘tanpa MSG’ misalnya sup, camilan, serta produk makanan lainnya.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : dailyhealthpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment