Cara Mudah Mencegah Nafsu Makan Berlebih

Cabai

Cabai pixabay

Binge eating disorder merupakan gangguan makan yang menyebabkan seseorang mengkonsumsi makanan berlebih secara teratur, setidaknya sekali seminggu selama tiga bulan atau lebih. Sayangnya semua orang dapat beresiko terkena gangguan binge eating disorder ini, tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras ataupun berat badan seseorang. Ingin tahu cara mudah untuk mencegahnya? Simak di sini ya!

Trik pertama yang dapat dilakukan tidak lain adalah mengatur jadwal makan Anda. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat setiap 2 atau 3 jam sekali dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah berada pada posisi normal. Oiya, melewatkan satu kali makan atau memberi jeda makan yang terlalu panjang dapat mengakibatkan kelaparan. Jika kondisi ini terjadi, seseorang dapat beresiko melahap makanan lebih dari porsi yang disarankan.

Oiya, jika rasa lapar mulai mendera, redakan sejenak dengan segelas air. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang seseorang mengidentifikasi haus sebagai lapar. Jika dibandingkan dengan mengkonsumsi air hangat, minum dingin ternyata dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Karena itulah dengan minum air dingin lebih berefek mengenyangkan jika dibandingkan dengan minum air hangat. Untuk meningkatkan konsumsi air putih, Anda dapat mencampurkan air dengan daun mint atau buah favorit.

Air Es

Air Es pixabay

Selanjutnya pastikan Anda mengisi meja makan ataupun lemari es dengan aneka makanan sehat seperti buah dan sayur. Jika terdapat junk food umumnya orang akan lebih memilih untuk menikmati junk food dibandingkan dengan buah ataupun sayur yang tersedia. Terkait hal ini, ternyata makanan pedas juga dapat mengekang nafsu makan seseorang. Menariknya lagi beberapa penelitian ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh lho!

Jangan lupa untuk berolahraga. Ada kesalahpahaman yang perlu diluruskan terkait dnegan olahraga. Ada sebagian orang yang masih berasumsi bahwa olahraga dapat membuat seseorang merasa lapar. Namun ternyata latihan sedang yang dilakukan sekitar 30 menit setiap harinya benar-benar dapat menekan nafsu makan seseorang. Bagaimanapun olahraga tetap harus dibatasi. Hasil ini erat kaitannya dengan kelelahan yang terjadi usai dilakukan olahraga. Mana yang menjadi pilihan Anda? Say bye to binge eating disorder!

Baca juga:

Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mau Diet? Perhatikan juga Konsumsi Gula Harian Anda!

Cara Memanggang Makanan yang Lebih Sehat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.webmd.com dan www.prevention.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment