Cara Mengurangi Resiko Accidentally Peed

Ilustrasi Menahan Kencing

Ilustrasi Menahan Kencing alphamom

Apakah Anda pernah mengalami kencing yang tak diinginkan saat tertawa terbahak-bahak? Atau Anda pernah mengalami kencing yang tak disengaja saat batuk melanda? Kalau Anda mengalami hal serupa, intip cara menghentikan kondisi kurang menyenangkan ini di sini!

Perlu diketahui ada jutaan wanita yang mengalami kondisi serupa. Keadaan kencing pada waktu yang tak diinginkan seperti ini menyerang 25% wanita di bawah 21 tahun hingga wanita setengah baya. Begitulah jelas obert M. Centor, M.D, ketua dewan merican College of Physicians (ACP). Bahkan setengah dari wanita di atas 40 tahun mengalami juga mengalami kondisiĀ  accidentally peed ini. Keadaan tidak menyenangkan ini dikenal pula dengan nama urinary incontinence.

Umumnya accidentally peed pada kaum hawa ini terjadi karena pada mereka yang pernah mengalami kehamilan, mengalami trauma, kondisi kelebihan berat badan atau obesitas dan mereka yang mengalami kondisi infeksi saluran kandung kemih ataupun konstipasi. Semua faktor di atas dapat melemahkan otot-otot dasar panggul. Hal inilah yang menyebabkan Anda sulit untuk menahan buang air kecil sehingga mereka keluar sebelum Anda sampai di toilet.

Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa ada dua jenis urinary incontinence. Pertama adalah stress incontinence, kondisi mengeluarkan sedikit urin setelah tertawa, batuk ataupun bersin. Jenis ini disebabkan karena beberapa hal yang telah disebutkan di atas yaitu fase melahirkan, berat badan atau kondisi lain yang dapat meregangkan otot pelvis. Ketika otot pelvis tidak dapat mendukung kinerja kandung kemih dengan benar maka kandung kemih dapat turun ke bawah dan mendorong vagina. Karena tidak dapat mengencangkan otot yang menutup uretra maka urin dapat bocor karena tekanan estra yang terjadi saat batuk, bersin, tertawa hingga olahraga ataupun kegiatan lainnya.

Ilustrasi Menahan Buang Air Kecil

Ilustrasi Menahan Buang Air Kecil womenshealthmag

Sedangkan jenis yang kedua dikenal dengan nama urgency incontinence. Sesuai dengan namanya, keadaan ini terjadi saat Anda memiliki perasaan ingin buang air kecil yang begitu kuat namun urin telah keluar sebelum Anda sampai ke toilet. Kondisi urgency incontinence disebabkan oleh otot kandung kemih yang terlalu aktif yang mendorong urin keluar dari kandung kemih. Pertanyaan selanjutnya tentu bagaiman acara mengatasi kondisi urinary incontinence ini bukan? Hal pertama yang dapat dilakukan adalah senam kegel. Selain dapat membuat orgasme lebih intens, senam kegel juga sangat efektif mengencangkan otot yang mendukung kinerja kandung kemih.

Selain itu, berkonsultasi dengan pihak medis akan memberikan beberapa alternatif latihan yang diperlukan sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Melakukan olahraga serta bladder training juga dapat menjadi salah satu solusinya. Jika Anda mengalami obesitas, tentu melakukan latihan dan program penurunan berat badan menjadi salah stau alternatif solusinya. Selain itu, mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman soda dan beralkohol. Semoga bermanfat!

Baca juga:

Dampak Fatal Menahan Buang Air Kecil

Mengenal Nocturia, si Penganggu Tidur Malam Anda

Hindari Penyebab Sembelit Sebelum Melilit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com dan meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment