Cara Menghitung Body Mass Index (BMI)

| Posted : 10 Sep 2015 | Berita Sehat, Ibu dan Anak No comments
Ilustrasi Body Mass Index

Ilustrasi Body Mass Index journeyintowellbeing

Body mass index (BMI) atau indeks masa tubuh merupakan teknik pengukuran yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan seseorang. Bagi seorang wanita, umumnya BMI bukan merupakan hal yang asing. Umumnya wanita remaja hingga dewasa sangat memperhatikan angka yang didapatkan setelah menghitung BMI ini. Maklum saja, salah satu kegunaan BMI memang bermanfaat untuk mengukur prosentase lemak tubuh sekaligus mengestimasi berat yang ideal seseorang.

Selain itu teknik penghitungan berat badan ideal ditemukan oleh Lambert Adolphe Jacques Quetelet ini juga dapat digunakan dalam membantu mengidentifikasi adanya kemungkinan penyakit tertentu dalam tubuh seseorang. Menariknya lagi, cara penghitungan BMI tergolong sangat mudah, cukup dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi (m)2. Contohnya saja seseorang dengan berat badan 60 kg dan tinggi 165. Berarti perhitungan BMInya adalah 60/(1,65)2 sehingga menghasilkan data 22,038.

Lalu bagaimana dengan klasifikasi BMI itu sendiri? Ada dua klasifikasi BMI yang dapat diikuti yaitu klasifikasi WHO dan klasifikasi WHO Western Pasific Region (WHO Asia Pasifik / WPRO). Sesuai dengan namanya, kriteria Asia Pasifik siperuntukkan bagi mereka yang berdomosili diBenua Asia. Seperti yang diketahui bersama, jika dibandingkan dengan orang Eropa, Amerika ataupun Australia, BMI orang Asia tergolong lebih kecil, sekitar 2-3 kg/m2.

BMI Menurut WHO (1998) BMI Menurut WPRO (2000)
Kategori BMI (kg/m2) Kategori BMI (kg/m2)
Underweight < 18,5 Underweight < 18,5
Baras Normal 18,5-24,9 Baras Normal 18,5-22,9
Overweight ≥25 Overweight ≥23

Berikut ini Klasifikasi BMI menurut WHO (1998) dan WPRO (2000)

Selain mudah diaplikasikan, hasil BMI bisa digunakan lintas kenis kelamin. Baik wanita ataupun pria dapat mengecek Bmi dengan cara yang sama.  Bagaimana dengan BMI Anda? Cek segera ya!

Ilustrasi Body Mass Index

Ilustrasi Body Mass Index cardiocupcakes

Baca juga:

Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan Berlemak yang Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dokita.co

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment