Cara Benar Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Sayur dan Buah

Sayur dan Buah notrashproject.com

Pertama hindari menyimpan buah dangan sayuran bersamaan. Buah memiliki kandungan etilen yang tinggi. Etilen yang dikenal sebagai agen pematangan ini dapat mematangkan dan juga merusak sayuran yang berada di sekitarnya. Menyimpan buah pun ada aturannya. Untuk buah non ceherry seperti alpukat, tomat, mangga, melon, apel, dan pir dapat disimpan di suhu ruangan. Sedangkan buah seperti paprika, anggur, jeruk dan juga buah berry sebaiknya disimpan di dalam kulkas.

Oiya, buah pisang termasuk dalam buah yang cepat matang. Buah berdaging lunak ini juga dapat mempercepat pematangan buah lain yang ada di sekitarnya. Untuk sayuran, pastikan pengikat sayur dilepas dulu sebelum disimpan di dalam kulas. Khusus untuk sayuran berdaun hijau dapat dicuci dahulu sebelum disimpan. Sedangkan tanaman herba dan jamur sebaiknya baru  dicuci sebelum dimasak.

Sejatinya pencucian sayuran dilakukan untuk meminimalisir kotoran yang masih terdapat di dalam sayuran. Namun setelah dicuci sayuran perlu segera dikeringkan. Anda dapat meniriskannya selama beberapa saat hingga air mulai mengering. Bagaimanapun juga kelembapan dapat mempercepat proses pematangan, dimana dalam kasus sayuran dapat diartikan sebagai proses pembusukan.

Sayur dan Buah

Sayur dan Buah westsideabc.org

Khusus untuk sayur berdaun, Anda dapat menyimpannya di dalam wadah tertutup. Kini berbagai produk khusu untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas pun sudah banyak terdapat di pasaran. Tinggal pilih yang sesuai dengan selera dan anggaran belanja Anda. Sudahkah Anda menyimpan sayur dan buah dengan cara yang benar?

Baca juga:

Aneka Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Cara Mudah Memperbaiki Pola Makan Harian

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber:  www.thekitchn.com dan lifestyle.okezone.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment