Buah-buahan untuk Membuat Awet Muda

Delima

Delima pixabay

Kini awet muda ibarat dambaan bagi setiap orang. Ada beragam cara yang kerap dilakukan untuk mendapatkannya. Salah satunya adalah mengatur pola makan, termasuk buah yang dikonsumsi. Bagaimanapun pola makan akan secara langsung mempengaruhi penampilan seseorang. Karena pola makanlah orang dapat terlihat awet muda atau bahkan sebaliknya, terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. Berikut aneka buah yang dapat membuat Anda awet muda!

Pertama adalah buah delima. Buah delima merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C.  Karena keduanya bermanfaat untuk mencegah keriputdini serta menjaga kekenyalan kulit dengan cara mengusir radikal bebas. Studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi kekeringan dan keriput pada wanita paruh baya.

Menariknya lagi, buah delima juga kaya akan anthocyanin yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu delima juga kaya akan asam ellagic, suatu bahan kimia yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh kerusakan ultraviolet (UV).  Salah satu ciri buah delima ini matang di pohon dapat dilihat dari retaknya kulit buah. Jika dibuka, biji buah delima yang matang berwarna pink kemerahan.

Selanjutnya ada buah alpukat, melon dan semangka. Buah alpukat kaya akan asam oleat, salah satu jenis asam omega 9 yang bermanfaat untuk membantu mempertahankan kelembapan sehingga kulit tetap lembut dan kenyal. Sedangkan pada buah melon mengandung beta karoten yang ditengarai mampu bermanfaat mengatur pertumbuhan kulit baru di kepala dan sebun di lapisan luar kulit.

Berbeda lagi dnegan semangka. Buah berdaging lunak ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang ditengarai mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Likopen juga banyak terdapat pada buah dan sayuran berwarna merah seperti tomat dan wortel. Namun menurut sebuah studi ternyata buah semangka mengandung fitokemikal 40% lebih banyak dibandingkan dengan tomat mentah, yang setara dengan SPF3. Sehingga makan semangka dapat meningkatkan efektivitas krim tabir surya Anda.

Blueberry

Blueberry pixabay

Ada lagi buah blueberry. Seperti yang telah banyak diketahui, blueberry kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E. Kedua kandungan ini dapat bekerja bersama untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit dan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Blueberry juga mengandung arubtin, turunan alami dari hidroquinone yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Tidak heran jika buah ini kerap dijadikan salah satu bahan aneka produk kosmetika.

Baca juga:

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Anda Fokus

Aneka Makanan Sehat untuk Kulit Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment