Berapa Sih Kadar Normal Kolesterol?

Hasil Pemeriksaan

Hasil Pemeriksaan pixabay

Kini kolesterol merupakan topik yang tidak luput dari perhatian masyarakat luas. Pasalnya kolesterol kini menjadi salah satu penyakit yang menyerang banyak orang. Dulunya penyakit ini banyak menyerang orang tua. Sayangnya kini penyakit kolesterol juga bisa menyerang anak muda. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang dijalani sehari-hari.

Lalu apa sebenarnya kolesterol itu? Kolesterol merupakan lemak yang ditemukan dalam tubuh Anda yang bergerak melalui aliran darah. Kolesterol bergerak di dalam tubuh dengan lipoprotein. Seseorang dikatakan memiliki kolesterol baik jika kadar kolesterolnya berada pada angka 200 mg/dL. Sedangkan kadar 200-239 mb/dL merupakan batas maksimal kolesterol normal. Jika kadar kolesterol Anda lebih dari 240 mg?dL maka kadar kolesterol Anda sudah bisa dikatakan tinggi.

Sejatinya tubuh memerlukan kolesterol baik dalam jumlah tertentu. Kolesterol baik ini disebut dengan high density lipoprotein (HDL). HDL akan mengambil kolesterol dari jaringan dan pembuluh darah menuju ke hati, sebuah sistem pembuangan yang ada di dalam tubuh. HDL akan membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Jika kadar HDL Anda rendah, maka resiko penyakit jantung akan semakin tinggi. Kadar HDL dikatakan baik jika berada dalam kisaran 60 mg/dL atau lebih. Sebaliknya, dikatakan rendah jika berada pada kisaran 39 mg/dL atau lebih rendah.

Selain HDL, kolesterol juga LDL (low density lipoprotein) yang dikenal luas dengan sebutan kolesterol jahat. LDL akan membawa kolesterol ke jaringan tubuh dan pembuluh darah. Jika tubuh memiliki LDL dalam jumlah berlebih maka LDL akan disimpan di sepanjang pembuluh darah Anda. Hal ini akan meningkatkan resiko seseorang terkena serangan jantung ataupun stroke.

Hasil Pemeriksaan

Hasil Pemeriksaan pixabay

Kadar LDL dikatakan baik jika berada pada level 100 mb/dL, dengan batasan normalberada pada kisaran 130-159 mg/dL. Sebaliknya, kadar LDL dikatakan tinggi jika berada pada level 160 mg/dL. Sayangnya, tanpa disadari ada kemungkinan bahwasanya Anda juga memiliki kadar kolesterol atau LDl yang tinggi. Karena itulah ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara teratur. Sudahkah Anda melakukan cek kadar kolesterol?

Baca juga:

Hidup Lebih Sehat dengan Menari

Lebih Aman Mana Antara Jalan kaki atau Lari?

Ini Dia Daftar Sayur Kaya Protein

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthline.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment