Benarkah Kurang Mengkonsumsi Garam itu Berbahaya?

| Posted : 03 May 2014 | Berita Sehat No comments
Foto : www.planet-science.com

Foto : www.planet-science.com

Sodium merupakan zat gizi yang tidak pernah terlupakan untuk dikonsumsi setiap hari. Zat tersebut diperoleh dari garam yang memang merupakan bumbu makan utama. Beberapa waktu lalu, sempat muncul perbedaan pendapat tentang bahaya mengkonsumsi garam dalam jumlah yang sedikit. Penelitian kesehatan tentang topic dimuat dalam American Journal of Hypertension.

Konsumsi garam di bawah maupun di atas batas normal memiliki resiko kematian dan penyakit kardiovaskuler yang lebih besar. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan 25 studi yang melibatkan 270.000 responden. Berdasarkan tulisan ilmiah tersebut Niel Graudal, M.D. yang merupakan konsultan senior bidang pengobatan dalam, pengobatan infeksi, dan rheumatologopenhagen University Hospital Denmark menyarankan agar pemilik tekanan darah normal tidak perlu mengurangi konsumsi garam.

Foto : www.cookinglight.com

Foto : www.cookinglight.com

Meski demikian, tidak semua ahli setuju dengan pendapat Graudal. Paul K. Whelton, M.D. yang merupakan profesor kesehatan masyarakat di Tulane University od Public Health and Tropical Medicine menyarankan untuk menurunkan asupan sodium harian. Center for Disease Control and Prevention, menyarankan konsumsi sodium ≤ 2.300 miligram per hari untuk orang yang berusia kurang dari 50 tahun. Whelton sendiri setuju dengan saran dari American Heart Association yang merekomendasikan ≤ 1.500 miligram garam setiap hari.

Lebih lanjut Whelton menyarankan agar tidak perlu mengkhawatirkan resiko yang muncul akibat kurang mengkonsumsi garam. Praktisi kesehatan tersebut menyatakan bahwa tubuh manusia hanya memerlukan sedikit sodium karena ginjal mampu menyimpan zat makanan tersebut sebagai cadangan saat diperlukan.

Foto : www.livestrong.com

Foto : www.livestrong.com

Terlepas dari perdebatan tentang resiko yang muncul akibat kekurangan konsumsi garam, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi sodium dalam jumlah yang normal. Konsumsi garam harian rata-rata responden yang terlibat dalam penelitan berkisar antara 2.645 – 4.945 miligram per hari. Data lain mengungkapkan bahwa rata-rata masyarakat mengkonsumsi 3.600 miligram per hari. Jumlah yang jauh lebih tinggi dibanding batas normal yang disarankan.

Angka tersebut tentu perlu diwaspadai mengingat bahaya kelebihan garam berkaitan dengan masalah kesehatan yang serius. Kelebihan sodium berpengaruh pada peningkatan tekanan darah dan dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular yang berakibat kematian. Jadi, jaga selalu asupan nutrisi Anda agat tidak kurang atau berlebih.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment