Arti Warna Darah Saat Haid

| Posted : 05 Dec 2015 | Berita Sehat No comments
Pembalut

Pembalut todayifoundout.com

Haid merupakan salah satu siklus alami yang terjadi pada wanita usia subur. Saat haid, wanita akan mengeluarkan darah yang tidak lain merupakan hasil peluruhan sel telur yang tidak mengalami pembuahan. Hasil peluruhan atau yang dikenal dengan darah haid ini memiliki warna yang berbeda-beda. Terkait hal ini, ternyata warna darah saat menstruasi memiliki arti tersendiri. Berikut penjelasan selengkapnya!

Darah saat haid memiliki warna dan arti tersendiri. Misalnya saja darah haid yang berwarna merah terang. Darah dengan warna seperti ini menrupakan warna darah yang baru saja dikeluarkan oleh tubuh. Aliran darah mestruasi yang berwarna merah terang cenderung memiliki aliran yang ringan dan teratur. Ada lagi warna darah merah gelap. Darah dengan warna demikian merupakan penanda darah yang lebih tua yang sudah disimpan dalam rahim. Warna darah ini umumnya terlihat saat wanita haid yang baru saja bangun.

Selain itu ada pula darah haid yang berwarna kecokelatan atau kehitaman. Warna darah seperti ini juga menunjukkan warna darah yang sudah tua. Kondisi seperti ini biasa dialami oleh wanita yang mendekati akhir periode mestruasi. Selain itu akhir periode haid juga ditandai dengan aliran darah yang tidak deras.

Darah haidberwarna kecokelatan atau kehitaman juga bisa dialami oleh wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur. Ada pula darah haidyang berwarna orange. Warna yang demikian bisa terjadi akibat tercampurnya darah dengan cairan serviks. Kondisi ini juga dapar mengindikasikan terjadinya infeksi. Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dengan dokter yang dipercaya.

Selain warnanya, tekstur darah yang keluar saat menstrusai juga memiliki arti tersendiri. Darah haidyang keluar dalam bentuk gumpalan dapat mengindikasikan perdarahan yang cenderung berat. Padahal dalam kondisi normal tubuh akan memproduksi antikoagulasi yang akan menghindarkan proses keluarnya darah dalam bentuk menggumpal. Jika saat haidAnda mengeluarkan darah dalam bentuk gumpalan berwarna gelap, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Periode Menstruasi

Periode Menstruasi mashable.com

Ada pula darah haidyang keluar dalam bentuk yang licin seperti jelly. Hal ini mengindikasikan adanya darah kotor tercampur dengan lendir dari serviks pada vagina. Berbeda lagi saat darah haidkeluar dengan suatu gumpalan jaringan berwarna keabuan dalam jumlah yang banyak. Kemungkinan besar kondisi ini mengindikasikan terjadinya keguguran atau aborsi.

Darah haidyang keluar lebih banyak dari biasanya dengan waktu darah menggumpal yang lebih panjang juga dapat menjadi tanda adanya fibroids atau leiomyomas, sejenis tumor jinak yang ada di dalam rahim. Jika terdapat gangguan pada menstruasi, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter yang dipercaya.

Baca juga:

Bahaya Malas Mengganti Pembalut Saat Masa Haid Tiba

Cara Memperlancar Haid

Aneka Makanan Pencegah Anemia

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment