Apa Itu Honeymoon Cytitis ?

| Posted : 28 Dec 2013 | Berita Sehat, Sex Sehat No comments

honeymoon

Anda tentu sudah tahu apa yang disebut honeymoon. Ya, bulan madu, yakni masa – masa pengantin baru menjalani awal kehidupan pernikahan. Tapi makna kegembiraan itu langsung berubah jika terserang “honeymoon cytitis“. Apa itu dan bagaimana cara mencegahnya ?

Honeymoon Cytitis adalah suatu peradangan saluran kemih bagian bawah yang biasanya terjadi pada saat bulan madu. Peradangan pada kandung kemih tersebut biasanya terjadi saat melakukan hubungan intim, disaat ini bakteri dari saluran kelamin dan anus terdorong ke saluran kemih. Perempuan biasanya lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan lelaki.

Gejala Honeymoon Cytitis diantaranya adalah rasa seperti terbakar dan rasa nyeri saat buang air kecil, frekuensi buang air kecil meningkat atau menjadi sering, urin berwarna keruh (bahkan bisa juga urin berwarna merah), dan rasa nyeri di bagian atas tulang pubic (tempat tumbuhnya rambut kemaluan).

034713a1-4e4b-4a4d-8160-81d4c8176e0aPenyebab paling sering memicu terjadinya Honeymoon Cytitis adalah bakteri Escherecia coli. Pada umumnya bakteri ini hidup pada usus besar, kemudian menyusup ke saluran kencing dan pada akhirnya memicu terjadinya Honeymoon Cytitis. Perpindahan bakteri ke saluran kencing juga dapat disebabkan oleh jari yang tidak dibersihkan dan juga karena tidak membersihkan organ intim sebelum dan sesudah berhubungan seksual.

Lalu, apakah gangguan ini bisa dicegah? Tentu saja. Berikut beberapa kiat untuk mencegahnya:

  • Hal yang utama ialah tetap menjaga kebersihan organ intim Anda.
  • Pastikan kandung kemih Anda kosong sebelum maupun setelah Anda melakukan hubungan seksual.
  • Berkemih atau buang air kecil setelah berhubungan menjadi salah satu cara pencegahan yang sederhana sekaligus efektif. Dengan buang air kecil, bakteri akan ikut terbawa keluar bersama urin.
  • Perbanyak minum air putih, yaitu delapan hingga sepuluh gelas per hari.
  • Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

Artikel lainnya :

Menjaga Metabolisme Tubuh Sepanjang Hari, Mengapa Tidak ?

Sex Setiap Hari Dalam Sebulan ? Siapa Takut !

Cara Sederhana Menjadi Seorang Gentleman

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : meetdoctor

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment