Aneka Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Keju

Keju pixabay

Keju merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi beragam kudapan lezat seperti pizza, spaghetty hingga pie dan beragam jenis roti panggang lainnya. Bahkan tidak jarang orang ingin kembali menikmati pizza karena rindu dengan lezatnya lelehan mozarela. Meski sebagian ada sebagian orang memilih menghindari mengkonsumsi keju, namun keju ternyata juga menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh lho! Berikut beberapa diantaranya!

Seperti yang telah banyak diketahui, keju merupakan produk olahan yang terbuat dari susu. Salah satu tips memilih keju tidak lain dilihat dari bahan pembuatannya, yaitu susu. Pastikan keju diolah menggunakan susu yang telah dipasteurisasi atau disterilkan. Hindari keju yang dibuat dengan susu mentah. Informasi ini umumnya tertulis pada kemasan pembungkus keju.

Keju memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti lemak, protein, vitamin B12, vitamin B2, seng, fosfor, karbohidrat dan berbagai nutrisi tubuh lainnya. Sebagai salah satu sumber zat besi, keju mengandung dapat mencegah beberapa gangguan kesehatan seperti anemia, badan terasa lemah hingga membantu pembentukan hemoglobin.

Kandungan vitamin B pada keju dapat pula bermanfaat untuk membuat kulit menjadi bersinar. Ini tidak lain karena keju dipercaya dapat membantu metabolisme sel sehingga hal ini dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih bersinar.

Menariknya lagi, dalam 100 gram kalsium ternyata  mengandung 100 hingga 200 mg kalsium lho! Sebagai salah satu sumber kalsium, keju dapat meningkatkan kepadatan tulang, mencegah terjadinya osteoporosis dan berbagai gangguan tulang lainnya. Kandungan kalsium pada keju juga dapat membantu menjaga kekuatan gigi serta mencegah terbentuknya lubang pada gigi.

Keju

Keju pixabay

Keju juga mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang tidak lain merupakan kunci untuk melawan kanker. Dan ternyata, secara ilmiah keju dapat memicu rasa kantuk dan mencegah terjadinya insomnia, Kandungan triptofan pada keju dapat mengurangi rasa stres dan membantu tidur seseorang menjadi lebih nyenyak. Meski menawarkan beragam manfaat, konsumsi keju tidak disarankan bagi penderita hipertensi.

Baca juga:

Ini Dia Daftar Sayur Kaya Protein

Baik Mana Antara Susu Sapi atau Susu Kambing?

Manfaat Mengkonsumsi Buah Cherry

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: gaya.tempo.co

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment