Aneka Manfaat Buah Labu

 en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Selain dikenal sebagai buah ikonik dalam perayaan Hallowen di beragam penjuru dunia, buah labu ternyata memiliki beragam manfaat menarik yang baik untuk tubuh. Apa saja? Yuk simak informasi selengkapnya sesaat lagi!

Pertama, buah labu ternyata sangat kaya antioksidan dan vitamin. Bayangkan saja, buah yang termasuk jenis tanaman yang mudah dibudidayakan ini ternyata memiliki beragam kandungan seperti vitamin A, flavonoid poly-phenolic antioxidants seperti leutin, xanthin dan karoten. Buah berwarna kuning gading hingga orange ini juga memiliki kandungan berupa poly-phenolic pigments. Bahkan bijinya pun ternyata merupakan salah satu sumber protein, mineral, vitamin, dan asam lemak omega-3. Menarik bukan?

Dengan beragam nutrisi yang ada, tak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bukan? Buah labu merupakan salah satu buah yang rendah kalori sehingga cukup cocok digunakan sebagai salah satu tambahan pada menu diet harian Anda bukan? Selain kaya serat, bahan pangan yang satu ini disinyalir tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol lho! Bagaimana, tertarik untuk segera otak-atik labu dalam bergam menu keseharian Anda?

indiancountrytodaymedianetwork.com

indiancountrytodaymedianetwork.com

Bahkan labu juga dikenal sebagai gudangnya vitamin lho ladies! Vitamin A, C dan E ada di buah berbentuk bulat ini. Dengan kandungan sebesar 7384 mg dalam 100 gram daging buahnya, menjadikan buah labu ini sebagai “raja” vitamin A dari kelompok Cucurbitaceae. Seperti yang telah banyak diketahui, vitamin A merupakan antioksidan alami yang kuat yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Vitamin A juga dikenal luas sebagai nutrien yang penting untuk mendapatkan penglihatan visual yang baik.

Kandungan zea-xanthin yang ada dalam buah labu bermanfaat sebagai antioksidan alami yang memiliki UV (ultra-violet) rays filtering actions dalam macula lutea yang ada di retina mata. Dengan demikian, buah ini juga membantu melindungi sang konsumen dari resiko terjangkitnya “age-related macular disease“. Buah berwarna orange ini juga merupakan buah kaya mineral seperti kalsium, kalium dan fosfor. Dengan beragam manfaat yang ada, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena 1 buah labu berukuran sedang  ini dapat Anda bawa pulang dengan harga kurang dari 10 ribu rupiah saja. Murah tapi kaya manfaat bukan? Selamat berkreasi dengan labu!

Baja juga:

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Yuk Jadi Vegetarian Agar Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Delima, Camilan Mungil Kaya Manfaat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: nutrition-and-you.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment