Aneka Makanan Pencegah Anemia

Selai Kacang

Selai Kacang pixabay

Anemia merupakan sebutan kondisi tatkala  jumlah sel darah seseorang sedang rendah atau ketika kadar hemoglobin seseorang berada di bawah kadar normal. Ada beragam penyebab anemia. Salah satunya adalah kekurangan zat besi, vitamin B12 ataupun asam folat. Selain itu anemia juga dapat disebabkan karena kondisi tertentu seperti kondisi wanita yang sedang menyusuhi. Selain mengkonsumsi suplemen penamah darah, salah satu cara lain untuk mengatasi anemia adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi tinggi. Apa saja kiranya? Berikut beberapa diantaranya!

Lemah, letih, lesu dan mudah lelah merupakan beberapa gejala yang kerap dialami oleh penderita anemia. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, utamanya adalah kacang kedelai. Selain kedelai, kacang almod juga dikenal sebagai makanan yang dapat mengatasi kekurangan darah. Dalam 1 ons kacang almond memberikan suntikan zat besi ke dalam tubuh sebesar 6%. Produk kacang-kacangan lainnya yang dikenal baik untuk penderita anemia adalah selai kacang. Dua sendok makan selai kacang dapat memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

Steak

Steak pixabay

Selain itu makanan lain yang kaya akan zat besi adalah daging merah seperti daging sapi ataupun daging kambing. Selain kaya akan zat besi, daging juga memiliki kadar purin yang tinggi. Daging merah tanpa lemak dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi anemia. Karena itulah konsumsi daging merah tetap perlu dibatasi, utamanya jika ada keluhan terkait asam urat. Selain daging merah, ternyata beras merah juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Sumber karbohidrat lainnya yang kaya akan zat besi adalah roti gandum. Kandungan heme pada roti gandum dapat mencegah terjadinya anemia. Satu buah roti gandum dapat memenuhi sekitar 6% kebutuhan zat besi Anda. Makanan lain yang dapat mencegah anemia adalah telur. Selain kaya akan protein, dalam satu butir telur juga mengandung 1 mg zat besi dan antioksidan.

Selain itu sayuran seperti bayam, brokoli, seledri dan brokoli juga baik bermanfaat untuk meningkatkan jumlah darah. Selain tinggi serat, bayam juga mengandung vitamin A, B9, C, E serta kalsium dan juga beta karoten. Di Indonesia sendiri bayam merupakan jenis sayuran yang kerap diolah menjadi sayur bening, bobor atau sebagai pelengkap dalam pecel. Karena vitamin C dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi, maka aneka makanan yang kaya akan vitamin C ditengarai mampu membantu mengobati ataupun mencegah anemia. Salah satu sumber vitamin C yang dapat mencegah anemia adalah tomat. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Tomat

Tomat pixabay

Baca juga:

Benarkah Tempe Mampu Mencegah Anemia?

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Daftar Makanan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment